Print This Post Print This Post
Home / Berita Pilihan / Bangun Mall Layanan Publik, KemenPan-RB Puji Inovasi Pemkot Manado

Bangun Mall Layanan Publik, KemenPan-RB Puji Inovasi Pemkot Manado

 

MANADO, Swarakawanua.com – Sejumlah inovasi pelayanan publik yang dihadirkan Pemerintah Kota (Pemkot) Manado menuai apresiasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). Hal ini diungkapkan Deputi Pelayanan Publik KemenPAN-RB, Prof Diah Natalisa saat melakukan kunjungan kerja di ruang Serbaguna Kantor Walikota Manado, Selasa (21/09/2020).
Menurut Prof Diah, di bawah kepemimpinan Wali Kota GS Vicky Lumentut, inovasi pelayanan publik Kota Manado telah meraih penghargaan di tingkat nasional bahkan internasional. Dimulai dari program kesehatan Universal Health Coverage (UC), Cerdas Command Center (C3) hingga aplikasi PANADA (Portal Analisis Data Berbasis Peta) pada 2019 lalu.
“Inovasi pelayanan publik yang dihadirkan Pemkot Manado sudah menjadi role model nasional. Ini sejalan dengan instruksi Presiden Joko Widodo yang selalu mengingatkan untuk menjalankan birokrasi yang memberi kemudahan dan layanan paripurna kepada masyarakat,” ujar Prof. Diah.
Lanjut dia, hal lainnya yang patut menjadi kebanggaan yakni komitmen Pemkot Manado untuk menghadirkan gedung Mal Pelayanan Publik (MPP). “Tahun lalu, ketika mengunjungi MPP di Manado Town Square (Mantos), saya usulkan ke pak wali kota agar dibangun gedung MPP. Dan tahun ini, usulan tersebut langsung direalisasikan dan bangunannya hampir rampung. Setahu saya, Gedung MPP Kota Manado merupakan yang pertama di Indonesia yang dibangun mulai dari nol,” ungkap Prof Diah.
Ia mengaku, pihaknya akan memberi sejumlah masukan terhadap pembangunan fisik gedung agar nantinya juga ramah kepada kaum difabel. “Sementara untuk operasional ke depan, peningkatan infrastruktur teknologi serta peningkatan kualitas sumber daya manusia kiranya menjadi perhatian. Karena dalam era tatanan normal baru dan kemajuan teknologi, kita dituntut memberi respon dan solusi terhadap persoalan di masyarakat,” harapnya.
Sementara itu, Wali Kota GS Vicky Lumentut diwakili Sekretaris Kota Micler Lakat menyatakan, seluruh jajaran Pemkot Manado telah berkomitmen terus menghadirkan inovasi untuk memberikan pelayanan paripurna kepada masyarakat. “Berkat kerja keras seluruh jajaran, pelayanan publik di Kota Manado terus mengalami peningkatan beberapa tahun terakhir ini. Sesuai penilaian KemenPAN-RB, Kota Manado diganjar nilai B. Dan kita upayakan agar bisa menyabet nilai A dengan sejumlah perbaikan yang dilakukan sesuai arahan KemenPAN-RB,” terang Micler.
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Jimmy Rotinsulu menambahkan, hasil evaluasi pelayanan publik di wilayah III, DPM-PTSP Kota Manado mendapatkan penghargaan sebagai Role Model Penyelenggaraan Pelayanan Publik Kategori ‘Sangat Baik’ dari KemenPAN-RB, 2019 lalu. Lanjut dia, untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, pembangunan MPP di kompleks Mantos III terus digenjot. Dimana, sesuai laporan dari Dinas Pekerjaan dan Tata Ruang (PUPR), fisik bangunan sudah sekira 80% yang rampung. “Kehadiran MPP pastinya akan membuat pelayanan publik lebih maksimal, transparan dan cepat,” pungkas Rotinsulu.(mey)

 

About Peggy Sampouw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *