Print This Post Print This Post
Home / Berita Pilihan / Buktikan Kepedulian, Warga Kawanua di AS Bantu 300 Paket Bahan Pokok

Buktikan Kepedulian, Warga Kawanua di AS Bantu 300 Paket Bahan Pokok

Penyerahan bantuan dari Kawanua di Washington Seattle, AS, melalui Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulut dr Rinny Tamuntuan.(Foto: ist)
Penyerahan bantuan dari Kawanua di Washington Seattle, AS, melalui Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulut dr Rinny Tamuntuan.(Foto: ist)

 

MANADO, Swarakawanua– Meskipun ikut terdampak pandemi Covid-19, para warga asal Sulut yang bekerja dan bermukim di Amerika Serikat (AS) merasa terpanggil untuk membantu warga Sulut yang terkena dampak pandemi ini.
Kepedulian warga Kawanua yang bermukim di Washington USA ini ikut peduli dengan masyarakat di kampung halamannya di Sulawesi Utara.
Hal itu terungkap saat video conference (vidcon) antara pengurus kerukunan Kawanua Washington USA dengan Kepala Dinas Sosial Daerah Provinsi Sulut Rinny Tamuntuan di Manado, Senin 15 Juni 2020.
Ketua Kawanua Washington USA Veron O’Riley Tombokan dan sejumlah pengurus lainnya menyampaikan, warga Kawanua di Washington USA ikut prihatin dengan kondisi pandemi Covid-19 yang turut dialami warga Sulut, sehingga kerukunan Kawanua di sana membantu dengan menyalurkan bantuan sembako sebanyak 300 paket.
Menanggapi kepedulian para Kawanua di AS, Kadinsos mengucapkan banyak terima kasih kepada Kawanua Washington Seattle yang begitu perhatian kepada warga Sulut. “Atas nama pak Gubernur Olly Dondokambey dan pak Wagub Steven Kandouw, mengucapkan banyak terima kasih kepada kerukunan Kawanua di Washington Seattle yang begitu memberikan perhatian pada keluarga di Provinsi Sulut,” tuturnya.
Selanjutnya, ungkap dr Rinny, bantuan tersebut akan disalurkan ke warga yang terdampak Covid-19. “Kami dari Dinas Sosial siap meneruskan bantuan yang diberikan ini. Kami akan salurkan bantuan, yang disertai dengan bukti berupa foto dan video call kepada Kerukunan Keluarga Kawanua yang ada di Washington USA,” katanya.

Pada kesempatan vidcon itu, dr Rinny ikut memberikan informasi terkait penanganan pandemi Covid-19 di Sulut. “Sampai hari ini kasus di Sulut sudah mendekati 700 pasien. Mudah-mudahan cepat menurun yang positif. Untuk kasus kesembuhan cukup bagus sudah ada 110 orang yang sembuh. Puji Tuhan dengan penanganan yang cepat dari pemerintah lewat Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial, ada juga BPBD. Kami juga ada tim khusus, Gugus Tugas yang diarahkan lewat pak Gubernur,” lanjut Kadinsos Sulut.
Sementara Ketua Kawanua di Washington USA, Veron O’Riley Tombokan mengatakan bantuan yang diberikan diperuntukan bagi warga Sulut yang terdampak pandemi Covid-19. “Kami menyadari tak bisa jangkau semua warga Kawanua yang alami kesulitan ekonomi akibat pandemi, tapi sekiranya sedikit bantuan dari kami bisa mengurangi beban warga Kawanua,” ucapnya.
Veron berharap bantuan tersebut bisa disalurkan lewat Dinas Sosial Provinsi Sulut. “Kami yakin walaupun seadanya, kami tulus memberikan. Kepedulian terhadap saudara kami yang ada di Manado. Harapannya masyarakat Kawanua, jaga kebersihan lingkungan, jaga kesehatan, perhatikan protokol kesehatan dan selalu hidup rukun dan damai,” pesan Veron.
Menurut dia, bantuan seperti ini akan dilanjutkan lagi. “Ini memang masih tahap pertama. Untuk tahap kedua pasti akan dilakukan lagi,” janjinya.(rls)

About Peggy Sampouw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *