Print This Post Print This Post
Home / Berita Pilihan / Cegah Penyebaran Covid-19, Hari Ini KPU Sulut Resmi Tunda Sebagian Tahapan Pilkada Serentak

Cegah Penyebaran Covid-19, Hari Ini KPU Sulut Resmi Tunda Sebagian Tahapan Pilkada Serentak

Komisioner KPU Sulut Divisi Hukum dan Pengawasan, Meidy Tinangon SSi MSi.(Foto: ist)
Komisioner KPU Sulut Divisi Hukum dan Pengawasan, Meidy Tinangon SSi MSi.(Foto: ist)

 

MANADO, Swarakawanua–Hari ini, Minggu 22 Maret 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulut secara resmi menunda tahapan dalam Pemilihan Kepala Daerah serentak di Sulut.
Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Sulut Meidy Tinangon SSi MSi ketika dikonfirmasi membenarkan adanya informasi tersebut. “Baru penundaan sebagian tahapan,” jelasnya.
Langkah ini diambil KPU Sulut, mengingat semakin meningkatnya penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan dengan memperhatikan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 179/PL.02-Kpt/01/KPU/lll/2020 serta Surat Edaran KPU Nomor 8 Tahun 2020.
Maka KPU Provinsi Sulawesi Utara melakukan langkah langkah pencegahan untuk meminimalisasi penyebaran Covid-19 di lingkungan KPU Provinsi KPU Kabupaten/Kota, penyelenggara adhock serta masyarakat Sulawesi Utara umumnya.

Pertama, dalam rangka pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota secara serentak pada tanggal 23 September 2020. KPU Provinsi Sulawesi Utara telah menetapkan Keputusan Nomor : 50/PL.02.2-Kpt/71/Prov/III/2020 tentang Penundaan Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Tahun 2020 Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Kedua, Keputusan sebagaimana dimaksud hanya meliputi beberapa tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Tahun 2020 yakni :

1. Pelantikan dan masa kerja PPS; a. Menunda pelaksanaan pelantikan PPS pada 15 (lima belas) Kabupaten/Kota;
b Masa kerja PPS akan diatur kemudian:

2. Pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) ;
a. Menunda pembentukan PPDP pada 15 (Iima belas) Kabupaten/Kota;
b. Menunda pelaksanaan coklit data pemilih;

3. Pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih. Tahapan penyusunan daftar pemilih dan pencocokan dan penelitian daftar pemilih yang dimulai 23 Maret 2020 s/d 17 Mei 2020 ditunda pelaksanaannya.

Selanjutnya, yang Ketiga, bagi KPU Kabupaten/Kota yang melaksanakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020, untuk tahapan verifikasi syarat dukungan calon perseorangan tanggal 26 Maret 2020 s.d 28 Mei 2020 pelaksanaannya ditunda.
Tahapan tersebut meliputi :
a. penyampaian dukungan Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati/Wali Kota dan Wakil Wali Kota dan KPU Kabupaten/Kota ke PPS

b. verifikasi faktual di tingkat Desa/Kelurahan

c rekapitulasi dukungan di tingkat Kecamatan

d, rekapitulasi dukungan di tingkat Kabupaten

e. pemberitahuan hasil rekapitulasi dukungan Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati/Wali Kota dan Wakil Wali Kota

f. penyerahan syarat dukungan perbaikan kepada KPU Kabupaten/Kota

g. pengecekan jumlah dukungan dan sebaran hasil perbaikan

h. verifikasi administrasi dan kegandaan dokumen dukungan perbaikan

i. penyampaian syarat dukungan hasil perbaikan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati/Wali Kota dan Wakil Wali Kota kepada PPS

j. verifikasi faktual perbaikan di tingkat Desa/Kelurahan

k. rekapitulasi Dukungan hasil perbaikan di tingkat Kecamatan

I. rekapitulasi Dukungan hasil perbaikan di tingkat Kabupaten/Kota

“KPU Provinsi Sulawesi Utara berharap dengan penundaan tahapan ini, pencegahan penyebaran Covid-19 serta penanganannya berhasil dengan baik, sambil terus berdoa kepada Tuhan yang kita imani sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing semoga menjauhkan kita dari ancaman virus yang menakutkan ini, sehingga tahapan Pemilihan 2020 dapat berjalan dengan baik,” harap instansi penyelenggara pemilihan umum ini dalam siaran pers Humas KPU Provinsi Sulut.(gyp)

About Peggy Sampouw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *