Print This Post Print This Post
Home / Advertorial / Di Balik Kesuksesan Suami Ada Peran Isteri Disana, Pesan Gubernur Olly di Puncak HKG ke-49

Di Balik Kesuksesan Suami Ada Peran Isteri Disana, Pesan Gubernur Olly di Puncak HKG ke-49

Pemasangan lilin menandai puncak HKG ke-49 PKK.(Foto: ist)

 

MANADO, Swarakawanua.com– Ungkapan Gubernur Sulut Olly Dondokambey sangatlah bermakna dan membanggakan ibu-ibu Tim Penggerak PKK sebagai pendamping untuk kiranya mampu mengaplikasikan dalam menunjang tugas kerja bapak-bapak yang membuat berhasil dan sukses.

Ini adalah suatu bentuk penghormatan dan penghargaan atas kata-kata seorang Gubernur yang mengakui keberhasilannya, sebagai suami, adalah atas peran seorang isteri.
Tentu ini membuat ibu-ibu TP PKK tergerak dan mau mencontoh resep istri dari seorang suami yang menjabat sebagai gubernur. Istri yang tidak pernah berhenti memberi semangat dan tidak pernah lelah mendampingi suami, serta melakukannya dengan penuh cinta.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE saat sambutan.(Foto: ist)

Peran ini harus dijaga dan dikembangkan bukan hanya hebat sebagai ibu-Ibu PKK pendamping suami, tapi menjadi hebat dalam segala hal.

Sehingga perjuangan Raden Ajeng (RA) Kartini akan nilai-nilai emansipasi yang membawa perempuan menjadi hebat akan semakin hebat dan benar-benar nyata terwujud dalam segala aspek kehidupan

RA Kartini adalah Pejuang Nasional Perempuan Indonesia yang telah membuka jalan dan memotivasi bagi kita, sehingga sebagai perempuan, hargailah dan janganlah mau ditindas, dan apalagi mau disepelekan oleh kaum lelaki.
Tetap berprestasi dalam meraih segala cita-cita setinggi langit.

Pelantikan pengurus TP PKK dilakukan langsung Gubernur Sulut sebagai Ketua Tim Pembina TP PKK Provinsi Sulut.(Foto: ist)

Acara Pelantikan TP. PKK Provinsi Sulut masa bahkti 2021-2024 dirangkaikan dengan Selebrasi Puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-49 yang ditandai dengan pemasangan lilin kue ulang tahun.

Gubernur Olly Dondokambey selaku Ketua Pembina TP. PKK Provinsi Sulut mengucapkan selamat memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK yang ke-49 kepada segenap pengurus dan seluruh anggota TP PKK di Provinsi Sulawesi Utara. “Seorang ibu berperan mendorong kesuksesan dalam suatu kehidupan, dan pentingnya peran seorang isteri dalam mewujudkan kesuksesan suami,” katanya.

Gubernur meminta kepada pengurus dan kader-kader PKK agar dapat memberikan yang terbaik bagi keluarga sebagai pelopor perubahan Indonesia maju dan betapa pentingnya sinergitas antara Pemerintah dan PKK sebagai mitra dalam pembangunan daerah.

“Kerja sama PKK dan Pemprov Sulut harus bersinergi. Banyak program pemerintah jika dijalankan oleh ibu-ibu pasti berjalan lancar. Seperti posyandu yang harus dioptimalkan kembali,” katanya.

Peringatan HKG ke-49 PKK mengusung tema Keluarga Pelopor Perubahan Menuju Indonesia Maju.
Kegiatan ini dirangkaikan dengan pelantikan pengurus TP PKK Sulut, pengukuhan pengurus Koperasi PKK dan Rakerda TP PKK Sulut. Tampak hadir Wagub Sulut Drs Steven OE Kandouw, Sekprov Sulut Edwin Silangen SE MS, serta pengurus TP PKK kabupaten dan kota se-Sulut.

Mengawali kegiatan, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Daerah Provinsi Sulut Ronald Sorongan membacakan SK Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI tentang Pengesahan Akte Pendirian dan Pengurus Koperasi Konsumen Serba Usaha Berkat Sulut Hebat.
Kemudian Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Roy Mewoh membacakan SK Gubernur Sulawesi Utara Nomor 131 Tahun 2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Pengurus TP. PKK Provinsi Sulut Masa Bakti 2021-2026.

Selanjutnya Gubernur Olly Dondokambey didampingi Ketua TP PKK Provinsi Sulut Ny. Rita M Dondokambey-Tamuntuan secara langsung melantik pengurus-pengurus tersebut, dan dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara, dan penyerahan Akte dari Kementerian Koperasi dan UMKM kepada Ketua Pengurus Koperasi Dra Youke Besouw.

Selebrasi Puncak Peringatan HKG PKK Ke-49 ditandai dengan pemasangan lilin kue ulang tahun oleh Ketua TP. PKK Prov. Sulut Ir Ny Rita M. Dondokambey-Tamuntuan, didampingi oleh Gubernur Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Steven Kandouw, Sekretaris Daerah Provinsi Sulut Edwin Silangen, Sekretaris I TP PKK Prov. Sulut Dr Ny Kartika Devi Kandouw-Tanos MARS. dan Ketua I Bidang Pembinaan Karakter Keluarga TP PKK Provinsi Sulut Dra Ny Ivonne Silangen-Lombok.

Penyerahan bantuan oleh Ir Ny Rita Dondokambey-Tamuntuan kepada perutusan Batita, Ibu Hamil dan Posyandu.(Foto: ist)

Dilanjutkan dengan pemberian bantuan oleh Ketua TP PKK kepada perwakilan batita dari Kabupaten Minahasa Utara, perwakilan ibu hamil dari Kota Tomohon dan perwakilan Posyandu dari Kabupaten Minahasa Utara.
Gubernur Olly Dondokambey selaku Ketua Pembina TP. PKK Provinsi Sulut meyakini bahwa koperasi yang dikelola oleh ibu-ibu PKK tersebut pasti akan sukses, karena koperasi adalah sekelompok orang yang memiliki visi yang sama dalam menggerakkan ekonomi.
“Ibu-ibu mempunyai konsep yang sama untuk menggerakkan ekonomi masyarakat dan tentunya untuk kesejahteraan bagi binaan-binaan PKK,” jelasnya.

Sambutan Ir Ny Rita Dondokambey-Tamuntuan di puncak HKG PKK ke-49.(Foto: ist)

Sebelumnya, Ketua TP.PKK Provinsi Sulut Ny. Rita M. Dondokambey-Tamuntuan membacakan sambutan Ketua Umum TP PKK Pusat Ny Tri Tito Karnavian. Dalam sambutannya disampaikan bahwa HKG merupakan suatu momentum yang sangat mendasar dan memiliki arti penting dan strategis dalam mengimplementasi 10 program pokok PKK. “Peringatannya memberikan penegasan bahwa gerakan PKK dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat serta dilaksanakan oleh seluruh komponen bangsa dalam satu kesatuan tujuan yaitu masyarakat yang berdaya dan sejahtera,” tuturnya.

Dalam masa Pandemi ini, disampaikan bahwa PKK turut berperan aktif melakukan kegiatan memutus mata rantai penyebaran Covid-19, antara lain dengan melakukan kampanye protokol kesehatan Gerakan 3M dan 3T, pembagian sembako, dan gebrak masker yang telah mendistribusikan 41,3 juta masker.
Terkait pelaksanaan Pilkada 2020 yang berpengaruh terhadap kepengurusan TP.PKK, dirinya mengajak seluruh kader PKK untuk tetap menjaga komitmen dan dedikasi dalam memajukan gerakan PKK, siapapun yang menjadi ketua.
“Tak lupa kami juga mengharapkan dukungan dari Gubernur, Bupati dan Walikota sebagai ketua pembina PKK di wilayah masing-masing. Program PKK tidak akan optimal dilaksanakan tanpa dukungan pemerintah,” sambungnya.
“Semoga peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-49 tahun 2021 menjadi momentum kebangkitan gerakan PKK melalui gerakan keluarga pelopor perubahan menuju Indonesia maju,” tandasnya.
Acara pelantikan dilanjutkan dengan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) PKK Tahun 2021.(adv kominfo)

 

About Peggy Sampouw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *