Print This Post Print This Post
Home / Berita Pilihan / Di Hari Bakti PU ke-74, ASN/THL PUPR Diingatkan Kepahlawanan 7 Pegawai Departemen PU

Di Hari Bakti PU ke-74, ASN/THL PUPR Diingatkan Kepahlawanan 7 Pegawai Departemen PU

Sekprov Sulut Edwin Silangen SE MS menjadi Irup Hari Bakti PU ke-74 Tahun 2019 Provinsi Sulut, di lapangan kantor gubernur, Selasa 3 Desember 2019.(Foto: hbm)
Sekprov Sulut Edwin Silangen SE MS menjadi Irup Hari Bakti PU ke-74 Tahun 2019 Provinsi Sulut, di lapangan kantor gubernur, Selasa 3 Desember 2019.(Foto: hbm)

 

MANADO, Swarakawanua–Di Hari Bakti Pekerjaan Umum (PU) ke-74, para ASN/THL lingkup Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Sulut diingatkan kembali peristiwa heroik yang terjadi pada 3 Desember 1945. Dimana dengan beraninya 7 pemuda pegawai Departemen PU dengan gigihnya mempertahankan gedung kantor Departemen PU di Bandung (kini kantor gubernur Jawa Barat) dari serangan tentara Sekutu.
Hal itu diungkapkan Sekprov Sulut Edwin Silangen SE MS saat membacakan pidato Presiden Joko Widodo pada upacara Hari Bakti PU ke-74 tahun 2019 Provinsi Sulut, di lapangan kantor gubernur, Selasa 3 Desember 2019. Presiden mengajak seluruh insan PUPR untuk meneladani semangat pantang menyerah, keberanian dan pengorbanan sebagaimana diperlihatkan oleh tujuh pahlawan Sapta Taruna yang gugur di Gedung Sate Bandung pada 3 Desember 1945 menjadi sumber motivasi dan inspirasi bagi setiap insan PUPR dalam menjalankan tugas.
Dalam pidato Presiden, disebutkan bahwa selama
lima tahun terakhir ini, pemerintah telah melakukan percepatan pembangunan infrastruktur secara besar-besaran seperti jalan tol, bandara, pelabuhan untuk mendukung tol laut, pembangkit tenaga listrik dan bendungan.
Lanjut Silangen, pembangunan infrastruktur dasar pedesaan juga terus kita bangun seperti saluran air bersih, jalan-jalan desa, perbaikan saluran irigasi dan embung yang tidak hanya dilakukan di Pulau Jawa saja tetapi ke seluruh wilayah Indonesia terutama Indonesia bagian timur, wilayah pedalaman, kawasan terisolir dan daerah perbatasan. “Hal ini kita lakukan tidak hanya untuk meningkatkan daya saing dan pertumbuhan ekonomi tetapi sekaligus untuk mewujudkan rasa keadilan masyarakat serta memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa kita,” katanya.
Selain itu, Sekprov menerangkan rencana pemerintah membangun infrastruktur 5 destinasi wisata prioritas yang ditargetkan selesai pada akhir tahun 2020 dimana salah satunya adalah kawasan Manado-Likupang. “Kawasan Danau Toba, kawasan Borobudur, kawasan Mandalika, kawasan Labuan Bajo dan kawasan Manado-Likupang,” ungkapnya.(hbm/gyp)

 

About Peggy Sampouw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *