Print This Post Print This Post
Home / Berita Pilihan / Disdukcapil Mitra Maksimalkan Pelayanan Di Tengah Pandemi, Ikut Menyukseskan Pilkada 2020

Disdukcapil Mitra Maksimalkan Pelayanan Di Tengah Pandemi, Ikut Menyukseskan Pilkada 2020

MITRA, Swarakawanua.com-Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Minahasa Tenggara, terus memaksimalkan pelayanan administrasi kependudukan serta catatan sipil di tengah pandemi COVID-19.

Dalam pelaksanaan pelayanan, menurut Kepala Disdukcapil Minahasa Tenggara Elly Sangian, pihaknya memberikan pelayanan penuh kepada masyarakat dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Sejak pandemi, kami dari Disdukcapil sudah menerapkan protokol kesehatan dalam pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Ia mengungkapkan, semua fasilitas yang ada di Disdukcapil secara rutin dilakukan penyemprotan disinfektan, baik di lokat pelayanan, maupun di tempat masyarakat mengantri, para pegawai juga menggunakan alat pelindung diri, serta secara rutin dilakukan pemeriksaan kesehatan.

“Selain itu di tempat antrian kami sudah mengatur agar tidak ada penumpukan masyarakat, sehingga tetap menjaga jarak. Fasilitas tempat mencuci tangan juga kami siapkan. Selain itu masyarakat kami wajibkan untuk menggunakan masker,” jelasnya.

Khusus untuk pelayanan administrasi, pihaknya juga mempermudah masyarakat dalam pengurusan dokumen secara online, tanpa harus mengantri di loket.

“Kami sudah siapkan tanda tangan elektronik, jadi pelayanan seperti dokumen kartu keluarga, serta akte lahir maupun kematian sudah dipermudah. Termasuk dalam pengurusan pencatatan pernikahan,” kata Sangian.

Ia juga menambahkan, para masyarakat yang memerlukan dokumen kependudukan, masyarakat dapat mencetak langsung dokumen untuk lebih memudahkan pengurusan.

“Jadi dalam masa pandemi ini, kami tetap melakukan pelayanan yang maksimal. Justru saat ini lebih memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan,” katanya.

Sementara itu terkait dengan menyukseskan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Provinsi Sulawesi Utara, Disdukcapil Minahasa Tenggara menjamin para wajib pilih akan terakomodir dalam perekaman KTP.

“Kami pastikan sampai pada pelaksanaan Pilkada ini, kami jamin masyarakat yang wajib tapi belum memiliki dokumen kependudukan, dipastikan akan mendapatkan pelayanan perekaman,” ungkapnya.(*)

About Charles Ruru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *