Print This Post Print This Post
Home / Berita Pilihan / DPRD Kota Manado Sebut Pemkot Setengah Hati Soal Ranperda RTRW

DPRD Kota Manado Sebut Pemkot Setengah Hati Soal Ranperda RTRW

Hengky Kawalo Ketua Pansus RTRW kota Manado
Hengky Kawalo Ketua Pansus RTRW kota Manado

 Manado, Swarakawanua.com -DPRD kota Manado melalui Ketua Pansus RTRW, Hengky Kawalo SE menegaskan, pihaknya sangat siap membahas Ranperda RTRW kota Manado, hanya saja Pemkot Manado yang tidak siap dalam ranperda tersebut.

“Sangat disayangkan jika Ranperda RTRW harus ditarik kembali oleh oihak eksekutif karena sudah diajukan dalam rapat paripurna dewan Manado.

Ini menandahkan mereka sangat tidak siap,” terang Ketua Pansus RTRW kota Manado kepada Swarakawanua, kemarin.

Menurutnya, pihak Pansus DPRD kota Manado telah membahas agenda RTRW dengan pihak eksekutif belum lama ini hanya saja Ranperda terhambat karena pihak eksekutif setengah hati akan penyelesaian ranperda RTRW.

“Pemkot tidak siap dalam mengusulkan ranperda RTRW sehingga sangat disayangkan akan hal itu, jika akhirnya ditarik lagi,” beber politisi PDIP ini.

Rapat Pansus RTRW beberapa waktu lalu
Rapat Pansus RTRW beberapa waktu lalu

Lanjutnya pihak Pansus RTRW DPRD kota Manado sangat pro aktif terhadap agenda Ranperda RTRW, namun pihak eksekutif yang sengaja mengulur waktu sehingga agenda RTRW terkesan diam saat ini.

“Tidak ada koordinasi dan pro aktif pihak eksekutif terhadap penyelesaian ranperda dan tiba-tiba mereka akan menarik ranperda tersebut,” tegas legislator paling vokal di DPRD kota Manado ini.

Dikatakan Kawalo harusnya pihak eksekutif berkoordinasi dengan pihak Pansus dalam mengagendakan rapat Ranperda RTRW.

“Kalau Kabag Hukum sangat pro aktif berkoordinasi dengan Pansus tapi yang lain sama sekali tidak ada. Padahal sesuai SK Walikota Manado ada beberapa instansi terkait berhubungan dengan penyelesaian RTRW kota Manado.

Di sini kami bisa lihat bahwa tidak ada ketegasan atasan terhadap mereka, karena kalau ada ketegasan harusnya mereka aktif terhadap penuntasan Ranperda itu,” katanya.

Pihak eksekutkf saat rapat Pansus RTRW
Pihak eksekutkf saat rapat Pansus RTRW

Padahal Ranperda RTRW sangat strategis terhadap investasi kota Manado ke depan. “Investasi akan bergerak mundur jika tidak ada penyelesaian RTRW di kota Manado.

Pemodal tidak akan berani masuk ke sini kalau tidak ada regulasi yang jelas dari pemerintah sebagai landasan bagi mereka untuk berinves,” tutupnya. (DN5)

About Dance Siahaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *