Print This Post Print This Post
Home / Berita Pilihan / DPRD Manado: Komite Sekolah Dilarang Keras Lakukan Pungutan Siswa dan Wali Murid

DPRD Manado: Komite Sekolah Dilarang Keras Lakukan Pungutan Siswa dan Wali Murid

Arthur Rahasia
Arthur Rahasia

Manado,  Swarakawanua.com – Jelang penerimaan siswa/siswa ditingkat SD, SMP dan SMA/SMK sederajat mendapat tanggapan keras dari DPRD kota Manado. DPRD kota Manado melalui Legislator Arthur Rahasia dengan tegas mengatakan
Komite Sekolah dilarang melakukan pungutan terhadap murid dan wali murid.
Karena tidak ada aturan yang mengijinkan hal tersebut. “Namun Komite sekolah boleh menerima sumbangan sukarela dari wali murid,. Tapi bila murid dan wali murid masih dipungut dengan cara mematok nilai rupiah maka hal ini sudah melanggar aturan dan silakan melapor ke instansi teknis ataupun ke. Kami, ” tetang politis Nasdem Manado ini.

Dia mengatakan lebih jauh, kalaupun ada sumbangan ke Komite Sekolah merupakan partisipasi sukarela wali murid untuk membantu program kerja dari Komite Sekolah.

Dia juga menekankan pada Komite Sekokah di sekolah-sekolah unggulan di wilayah kota Manado. Seperti SMP 1, SMA 1, SMA 2, SMK 1 dan. 2 serta sekolah unggulan lainnya supaya mempwrhatikan hal itu.

Politisi yang terpilih periode kedua ini juga menyinggung soal zonasi sekolah. Dikatakannya, dirinya tidak sangat setujuh dengan pemberlakuan zonasi dalam penerimaan siswa baru. “Kita kasih contoh riil wilayah kecamatan Singkil tidak ada sekolah negeri tingkat SMP maupun SMA dan sederajat, maka ini tidak adil dalam menerapkan sistem zonasi penerimaan siswa baru bagi masyarakat di kecamatan Singkir,” ucap Arthur Rahasia.

Dia akan berjuang agar pemerintah kota Manado bisa membangun sekolah negeri di wilayah kecamatan Singkil “Kalau kecamatan Mapanget sudah ada sekolah negeri baik tingkat SMP maupun SMA sederajat tapi Singkil sama sekali belum ada,” ujar Dia. (DN5)

About Dance Siahaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *