Print This Post Print This Post
Home / Berita Pilihan / Gubernur Sulut Ajak Warga Sukseskan Pilkada Serentak dan Terapkan Protokol Kesehatan Cegah Covid-19

Gubernur Sulut Ajak Warga Sukseskan Pilkada Serentak dan Terapkan Protokol Kesehatan Cegah Covid-19

Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw.(Foto: ist)
Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw.(Foto: ist)

 

MANADO, Swarakawanua– Pilkada serentak bakal digelar 9 Desember 2020 mendatang. Dan pelaksanaannya sudah dimulai sejak tanggal 15 Juni 2020. Digelar di tengah pandemi Covid-19, setiap tahapan wajib menerapkan protokol standar Covid-19.
Karena itu Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, Wakil Gubernur Drs Steven OE Kandouw dan Sekprov Edwin Silangen SE MA mengajak warga Sulut untuk menyukseskan Pilkada serentak dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 di semua tahapannya. “Marilah kita mendukung dan menyukseskan serta mewujudkan, Sulut sebagai Pelopor Pilkada Damai dengan melumpuhkan Covid-19. Kiranya Tuhan berkenan,” ujar Gubernur Olly.
Kepala Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik Provinsi Sulut Christiano Talumepa SH MH melalui Kepala Bidang Kominfo dan Komunikasi Publik Dra Ivonne RJ Kawatu mengatakan, sesuai arahan
Plt Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum/Kapuspen Kemendagri Dr Drs Bahtiar MSi, tidak ada opsi lain, keputusan sudah diambil Pilkada dilaksanakan tanggal 9 desember 2020. “Dan itu sesuai arahan dari pak Dirjen dalam rapat Konsolidasi Pelaksanaan Sosialisasi PiIkada Serentak tahun 2020,
melalui zoom meeting pada tanggal 10 juni 2020,” ungkap Kawatu.
Karena dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19, maka ditekankan setiap Tahapan Pilkada memperhatikan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat. “Pesan Beliau, sangat diharapkan dukungan dan peran Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupatsn/Kota dalam menjamin ketersediaan anggaran, menjaga stabilitas politik dan keamanan, menjaga netralitas ASN, memberikan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) kepada KPU dan mendukung penyelenggara Pemilu dalam setiap tahapan Pilkada 2020 dengan menggunakan protokol Covid-19,” ujar Kawatu.

Sekretaris Daerah Provinsi Sulut Edwin Silangen SE MS.(Foto: ist)
Sekretaris Daerah Provinsi Sulut Edwin Silangen SE MS.(Foto: ist)

Dirjen juga menyampaikan, dalam menyukseskan kelancaran pelaksanaan Pilkada serentak agar dapat mengoptimalkan Forkopimda, mendorong sinergitas aparat dan stakeholder terkait, mengoptimalkan peran Forum Kemitraan serta mendorong peran tokoh agama (Toga), tokoh masyarakat (Tomas), dan tokoh adat (Todat) dalam menjaga kondusivitas.
Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara sendiri menurut Wakil Gubernur Drs Steven OE Kandouw dalam pengantar Diskusi Webinar yang digelar Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (AIPI) Cabang Manado bekerjasama dengan JADI mengatakan optimis Sulawesi Utara sudah siap melaksanakan Pilkada damai Covid-19 dan demokratis. “Dan tentu sangatlah diperlukan dukungan peran masyarakat untuk mampu bekerjasama dengan Pemerintah dan Penyelenggara serta menaati semua aturan Pilkada dan aturan Protokol Kesehatan pada saat pelaksanaan Pilkada di setiap tahapan,” tambahnya.

Lebih dari pada itu, di tengah pandemi ini diharapkan ada peningkatan Partisipasi Pemilih, sehingga sukses Pilkada bisa tercapai.
Kepada warga Sulut Pemerintah berpesan untuk bersama bergotong-royong. “Ini adalah ujian kepemimpinan dimasa krisis, memerlukan terobosan kreatif. Memerlukan kemampuan inovatif. Penanganan Covid-19 bisa ditekan, ekonomi hidup dan kemudian permasalahan cepat selesai.
Selamat berjuang bersama dan bergotong royong, kita akan memenangkan, perang melawan Covid -19, Insya Allah,” ujar Kawatu mengutip ucapan Menteri Dalam Negeri RI Prof H Muhammad Tito Karnavian PhD dalam tampilan slide di akhir meeting.(gyp)

About Peggy Sampouw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *