Print This Post Print This Post
Home / Berita Pilihan / Hakim Batalkan SP3 Fien Sompotan

Hakim Batalkan SP3 Fien Sompotan

(Foto: ist)
(Foto: ist)

 

MANADO, Swarakawanua– Dua bulan sepuluh hari terhitung sejak dikeluarkan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) pihak Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah Sulawesi Utara (Polda Sulut) menghentikan penyelidikan atas kasus dugaan tindak pidana menyuruh menempatkan keterangan palsu ke dalam akta otentik (akta hibah) atau pemalsuan surat hanya dengan mengacu dari Rekomodasi dari Rowassidik Mabes Polri maka Polda Sulut mengeluarkan surat ketetapan nomor S Tap/03/III/2020/Ditresktrimum tentang penghentian penyidikan atas terlapor Fien Sompotan (FS) alias Fin, menjadi gugur atau menjadi tidak sah lewat palu hakim yang diayunkan hakim tunggal Praperadilan Lukman Bachmid SH.MH  (Selasa 20 Mei 2020).
Kuasa waris 6 dotu Tanjung Merah Efraim Lengkong saat ditemui awak media mengatakan bahwa SP3 yang dikeluarkan oleh Polda Sulut No: S.Tap/03/III/2020 tentang Penghentian Penyidikan, suka atau tidak penyidik harus membuka kembali kasus dugaan Tindak Pidana Pemalsuan dan melanjutkan kembali ke Jaksa penuntut umum (JPU) atas perintah pengadilan.
Di tempat yang sama kuasa hukum 6 dotu Tanjung Merah Cq Bertje Wuisan DKK Rio Michel Pusung SH saat ditanya tentang putusan hakim yang menggugurkan SP3 Fien Sompotan hanya menjawab bahwa ‘Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia’ seperti makna yang terdapat pada Sila Kelima menjelaskan mengenai keadilan yang harus didapatkan oleh seluruh rakyat Indonesia masih ada. “Saat ini kita sama-sama harus bersyukur pada Tuhan dimana keadilan masih ada dan berlaku, walaupun langit sementara dipenuhi dengan virus Corona. Hukum dan keadilan merupakan ‘APD dan Masker’ pelindung dari pandemi Covid-19,” pungkas Rio, sapaan akrabnya, sambil tertawa.
Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abast saat ditanya apa langkah yang akan diambil pihak Polda sehubungan dengan dikabulkannya permohonan praperadilan dari pihak pelapor, menjawab, akan meminta tanggapan ke pihak Die Krimum. “Nanti mo minta tanggapan dulu ke Dir Krimum Pak,” jawabnya.(*)

About Peggy Sampouw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *