Print This Post Print This Post
Home / Berita Pilihan / Ini Cara Mengisi Sensus Penduduk Online, Siapkan Gadget, Akses Internet, No NIK, No KK dan No Akte Nikah

Ini Cara Mengisi Sensus Penduduk Online, Siapkan Gadget, Akses Internet, No NIK, No KK dan No Akte Nikah

Brigitta Lasut dari BPS Sulut saat mendampingi wartawan mengisi sensus penduduk secara online dari gadget masing-masing.(Foto: dok/git)
Brigitta Lasut dari BPS Sulut saat mendampingi wartawan mengisi sensus penduduk secara online dari gadget masing-masing.(Foto: dok/git)

 

MANADO, Swarakawanua—Mengisi daftar isian Sensus Penduduk (SP) 2020 melalui online sangat mudah dan dapat dilakukan siapa saja dan di mana saja. Asalkan sebelumnya sudah menyiapkan gadget dengan baterei yang memadai, akses internet yang lancar, serta nomor induk kependudukan (NIK) dan nomor kartu keluarga (KK), serta nomor akte nikah bagi yang sudah menikah.

Sejumlah wartawan dalam kegiatan Forum Wartawan Sensus Penduduk 2020, di BPS Sulut, Jumat 21 Februari 2020, didampingi para petugas BPS, mendaftarkan diri pada SP 2020 dengan cara online. Caranya mudah, hanya dengan sepuluh langkah, Anda sudah terdaftar dalam SP 2020.

Satu hal yang perlu diingat, ujar Kepala BPS Sulut Dr Ateng Hartono, kerahasiaan informasi penduduk dijamin oleh undang-undang. “Karena itu pastikan Anda tercatat, dan berpartisipasilah secara mandiri di sensus.bps.go.id,” ajaknya. Sensus Penduduk dengan metode online ini akan berlangsung hingga 31 Maret 2020.(gyp)

 

Cara melakukan sensus penduduk online:

1.   Masuklah ke laman sensus.bps.go.id

2.   Masukkan NIK dan nomor KK Anda

3.   Klik kotak kosong pada Captcha, lalu klik ‘Cek Keberadaan’.

4.   Jika pertama kali melakukan akses pada SP Online, buatlah kata sandi dan pilih pertanyaan yang paling sesuai. Lalu klik ‘Buat Password’

5.   Masukkan kata sandi yang telah dibuat sebelumnya, lalu klik ‘Masuk’

6.   Bacalah panduan awal mengenai pengisian SP online, lalu klik ‘Mulai Mengisi’

7.   Pilihlah bahasa yang paling dikuasai

8.   Ikuti petunjuk yang ada dan jawablah seluruh pertanyaan yang diberikan dengan jujur dan sebenar-benarnya

9.   Setelah mengisi seluruh pertanyaan, klik tombol ‘Kirim’

10.                    Unduh atau kirimkan bukti pengisian ke email Anda dengan mengisikan alamat email.

About Peggy Sampouw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *