Print This Post Print This Post
Home / Advertorial / HUT ke-55 Provinsi Sulut, Gubernur Olly Harapkan Persatuan Masyarakat Dalam Membangun Bangsa dan Daerah Tetap Terjaga

HUT ke-55 Provinsi Sulut, Gubernur Olly Harapkan Persatuan Masyarakat Dalam Membangun Bangsa dan Daerah Tetap Terjaga

Gubernur Irup

MANADO, Swarakawanua–Gubernur Sulut Olly Dondokambey menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada peringatan HUT ke-55 Provinsi Sulut, di Lapangan Robert Wolter Mongisidi, Sario Manado, Senin 23 September 2019.

ODSK dan istri

Dalam upacara, tampak hadir jajaran Forkopimda, Ketua DPRD Andrei Angouw, Ketua TP PKK Sulut Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan, Wakil Gubernur Steven OE Kandouw, Wakil Ketua TP PKK Sulut Kartika Devi Kandouw-Tanos, Sekprov Edwin Silangen, Ketua DWP Sulut Ivonne Silangen-Lombok, para pejabat Pemprov Sulut, jajaran BUMN, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan kalangan pelajar.
Pada upacara yang berjalan khidmat itu, bertindak sebagai Komandan Upacara Kepala Biro Umum Clay June Dondokambey dan pengibaran bendera merah putih dilakukan anggota Paskibraka.

ODSK dan Kepala daerah

Pada  kesempatan itu, Gubernur Olly mengajak masyarakat untuk memaknai peringatan HUT ke-55 Provinsi Sulut ini sebagai momentum refleksi terhadap apa yang telah diperjuangkan oleh para pendahulu. “Apa yang telah kita upayakan ini untuk melanjutkan perjuangan para pendahulu untuk membawa daerah ini semakin maju, semakin berkembang dan semakin
sejahtera,” kata Gubernur.

Di usia 55 tahun Provinsi Sulut, persatuan dan kebersamaan masyarakat dalam membangun bangsa dan daerah harus tetap terjaga agar progres pembangunan di Sulut akan semakin baik, yang pada muaranya dapat menjadikan Sulut semakin hebat lagi. “Menjadi harapan juga, dalam momentum bersejarah ini seluruh masyarakat Sulawesi Utara dari Miangas sampai Pinogaluman, akan menyatakan tekad, sikap dan komitmen untuk tidak berhenti mendukung arah pembangunan Pemerintah Pusat, khususnya dalam membangun dan menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) unggul untuk memberikan kontribusi bagi terwujudnya Indonesia maju,” ungkapnya.
Lebih jauh, masih dalam sambutan, Gubernur Olly menjelaskan perayaan HUT ke-55 Provinsi Sulut kali ini berbeda dengan perayaan yang dilaksanakan sebelum-sebelumnya, yaitu Pameran Pembangunan dan Promosi yang biasanya dilaksanakan di Lokasi Pameran Kayuwatu Manado, untuk tahun ini akan digelar di SMESCO Convention Hall Jakarta Selatan dengan tajuk ‘Sulut Expo 2019’.
“Dilaksanakannya Sulut Expo 2019 di luar daerah tentu tidak serta merta hanya untuk memberikan kesan berbeda di perayaan HUT ke-55 Provinsi Sulawesi Utara. Namun lebih dari itu, untuk semakin memperkenalkan Sulawesi Utara di kancah nasional, dan ditargetkan akan menguatkan branding wajah Sulut sebagai kawasan investasi dan pariwisata dunia,” imbuhnya.
Karena itu, untuk suksesnya kegiatan tersebut, Gubernur Olly mengharapkan adanya kerjasama uang baik. “Mari sama-sama kita doakan dan dukung Sulut Expo 2019 yang akan dilaksanakan mulai tanggal 26 sampai dengan tanggal 29 September, hingga nantinya meraih kesuksesan dan memberikan pengaruh positif terhadap upaya kita bersama dalam langkah ke depan, menjadikan Sulawesi Utara sebagai pintu gerbang Indonesia di kawasan Pasifik,” tambah Gubernur.

Penyerahan bantuan

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan sejumlah penghargaan dan bantuan di antaranya kepada ASN dan THL teladan dan bantuan hibah pendidikan berupa 1 unit motor, 13 unit laptop kepada Politeknik Negeri Manado.

Kemudian 8 unit Motor dan 15 unit Komputer kepada Politeknik Nusa Utara Kabupaten Kepulauan Sangihe. Di samping itu penyerahan Sertifikat Hak Pakai oleh Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Prov. Sulut Kepada Gubernur Sulut dan penghargaan lainnya.

 


Selain itu dilakukan juga peresmian layanan 119 Kegawatdaruratan Medik Indonesia yang digagas oleh Dinas Kesehatan Sulut.
Di akhir upacara, ratusan pelajar SMK Negeri 1 Manado menyanyikan lagu-lagu daerah. Usai upacara, para pilot pesawat tempur melakukan atraksi di udara. Begitu juga para penerjun yang tampil dengan atraksi ketepatan mendarat.

Usai upacara di Lapangan Robert Wolter Mongisidi, Gubernur, Wagub, Forkopimda dan undangan lainnya menghadiri Rapat Paripurna DPRD Provinsi Sulawesi Utara dalam rangka memperingati HUT ke-55 tahun Provinsi Sulawesi Utara.
Rapat paripurna dipimpin pimpinan sementara DPRD Sulut Andrei Angouw dan didampingi Victor Mailangkay.
Dalam sambutannya, Gubernur mengungkapkan rencana pembangunan di semua sektor terutama infrastruktur, pembangunan sumber daya manusia, pariwisata hingga KEK Pariwisata.
Gubernur juga banyak mengulas tentang peran putra Sulut dalam sejarah Bangsa Indonesia yang perannya sangat diperhitungkan seperti Dr GSSJ Ratulangi, Ibu Walanda Maramis, Babe Palar yang adalah seorang Diplomat ulung Indonesia untuk PBB, juga AA Maramis.

Paripurna
Paripurna tampak dihadiri para Anggota DPR RI dan DPD RI yang mewakili Dapil Sulut, mantan Gubernur Sulut Lucky Korah, para istri mantan Gubernur Sulut seperti istri dari FJ Tumbelaka, dan istri dari mantan Wagub Alm Freddy Sualang. Hadir juga unsur Forkopimda Sulut, Sekprov Edwin Silangen, pejabat eselon Pemprov Sulut, tokoh-tokoh masyarakat, Ormas dan LSM, serta undangan lainnya. Rapat Paripurna ini juga dihadiri Para teladan/penerima penghargaan baik tingkat nasional maupun tingkat provinsi.(adv)

About Peggy Sampouw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *