Print This Post Print This Post
Home / Berita Utama / Jelang Harganas XXVII, PPKB Mitra Target 530 APITORIA

Jelang Harganas XXVII, PPKB Mitra Target 530 APITORIA

Polish_20200627_153754033MITRA, Swarakawanua– Jelang Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVII, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra). menargetkan sebanyak, 530 Alat Penangkis Torpedo Pria (APITORIA).

Pelaksanaan Harganas XXVII sendiri, direncanakan akan dilaksanakan secara serentak di setiap Puskesmas yang ada di seluruh Indonesia. Termasuk didalamnya, Kabupaten Mitra pada hari Senin 29 Juni 2020.

“Kami sementara memantapkan kesiapan dari Harganas yang digelar pada pekan depan, dengan mengkoordinasi dengan para Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) Kabupaten Mitra. Ini semua demi kelancaran pelayanan KB serentak sejuta akseptor di Kabupaten Mitra,”ujar Kepala Dinas PPKB Mitra Kisman Junus Jumat 26 Juni 2020 di ruang kerja.

Kegiatan tersebut akan dimulai pada pukul 09.00 wita hingga 12.00 wita di seluruh Puskesmas di Mitra, khusus alat kontrasepsi dalam rahim (AKDR), yakni spiral dan alat kontrasepsi bawah kulit (AKBK), yakni implan atau norplan, serta alat kontrasepsi suntik.

Sementara itu, Kabupaten Mitra telah mendapatkan jatah untuk APITORIA diantaranya, pemasangan IUD atau Implan sekira 35 buah, alat suntik sebanyak 66 buah, sedangkan target Pil dan Kondom sebanyak 429 buah. Sehingga, total secara keseluruhan berjumlah 530 APITORIA.

“Semuanya ini telah kami konsultasikan kepada Bupati Mitra James Sumendap SH, serta sudah berkoordinasi dengan Sekda Mitra David Lalandos. Kemudian demi suksesnya kegiatan ini, pemberian diri dari para petugas PLKB sangat diharapkan. Mereka telah saya ingatkan untuk tidak lupa membuat laporan pelayanan yang diberikan pada hari Senin nantinya,”pungkas Kisman.

Setiap satu Puskesmas mendapatkan alat kontrasepsi suntik 40 viral dan alat suntik 40 picis, IUD Copper T (intrauterine device atau AKDR), susut KB (AKBK) 10 set, pil KB 100 sikel dan dalam satu sikel isi 100 pil, kondom satu gross dan dalam satu groos isi 24 kotak dan dalam satu kotak isi enam, handscoon 5 buah, dan obat lainnya.

“Karena itu saya mengajak kepada masyarakat Kabupaten Mitra yqng membutuhkan untuk memanfaatkan program nasional ini. Mari kita bersama-sama sukseskan program pelayanan KB serentak pada hari Senin,”tutupnya. (Cia)

About Charles Ruru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *