Print This Post Print This Post
Home / Berita Utama / Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi Dan Sosial Minahasa Tenggara Menyambangi UPT BP2MI Manado Guna Jajaki Peluang Kerjasama

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi Dan Sosial Minahasa Tenggara Menyambangi UPT BP2MI Manado Guna Jajaki Peluang Kerjasama

 

 

MANADO, Swarakawanua.com-Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial Minahasa Tenggara Ferry Uway melakukan kunjungan ke UPT BP2MI Manado untuk menjajaki peluang kerjasama penempatan PMI terampil ke luar negeri khususnya di Jepang, guna mengurangi tingkat pengangguran didaerahnya, Selasa 20 April 2021.

Selaku Kepala UPT BP2MI Manado Hendra Makalalag langsung menerima kunjungan dan dia pun sangat antusias dalam memberikan penjelasan seputar penempatan PMI profesional ke Jepang pada tim Disnaker yang datang.

“Warga Sulut saat ini sedang menggemari peluang kerja ke Jepang melalui program SSW dan G to G. Hal ini disebabkan karena gaji dan tunjangan yang ditawarkan sangat besar bagi ukuran gaji orang Indonesia karena gaji yang mereka dapat setara dengan UMR masyarakat Jepang. dapat diwujudkan maka pemasukan daerah melalui remitansi sangatlah besar “ungkapnya.

Lebih lanjut Hendra mengatakan bahwa jumlah remitansi yang tidak masuk pemerintah daerah Minahasa Tenggara melalui pekerja migran yang mengirimkan uang kepada keluarga mereka dari luar negeri, dapat mensejahterakan daerah Minahasa Tenggara dan membantu mengentaskan kemiskinan.

“Apabila pemerintah daerah Minahasa Tenggara berhasil menempatkan 1.000 PMI dengan asumsi setiap PMI mengirimkan Rp. 3 juta / bulan pada keluarganya di Indonesia, maka potensi pemasukan daerah dapat mencapai Rp. 36 milyar / tahun. Angka yang sangat fantastis dari rencana pahlawan,” katanya.

Hendra Makalalag juga menambahkan bahwa dengan adanya kunjungan ini, maka pemerintah daerah mulai menjalankan apa yang diamanatkan oleh UU nomor 18 tahun 2017 dimana pemerintah daerah haruslah memegang peranan dalam menempatkan calon pekerja migran.

“Dalam UU nomor 18 tahun 2017 pasal 40 hingga pasal 42 sudah mencakup gamblang peran dari pemerintah daerah, untuk itu harus dilaksanakan karena berkaitan dengan kesejahteraan warga daerahnya. Untuk itu saya sangat mengapresiasi kunjungan dari Kadisnaker Minahasa Tenggara ini,” tutupnya.

(Feicy)

About Feicy Tatilu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *