Print This Post Print This Post
Home / Berita Pilihan / Ketua KPU Mitra Jemput Langsung Surat Suara Pilgub Sulut 2020

Ketua KPU Mitra Jemput Langsung Surat Suara Pilgub Sulut 2020

MITRA, Swarakawanua.com-Sukseskan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) serentak tahun 2020, Komisi Pemilhan Umum (KPU) Minahasa Tenggara (Mitra) dalam hal ini Ketua KPU Wolter Dotulong menjemput secara langsung surat suara Pilgub di pelabuh an Bitung, Sabtu 21 November 2020.

Dimana, dari ke 15 Kabupaten Kota yang ada di Sulut. Sabtu 21 November 2020 malam, secara serentak menerima surat suara Pilgub 2020 di Kota Bitung.

“Pada hari ini, kami telah menerima surat suara sebanyak 44 dus. Dengan perincian, 43 dus masing-masing ful berisikan 2000 lembar kertas suara. Sedangkan 1 dus berisikan 1652 lembar kertas suara, total dari semua kertas suara diterima berjum lah 87, 652 lembar termasuk didalamnya 25 persen. Namun itupun kami tetap adakan penyortiran kembali,”ujar Dotulong kepada Swarakawanua.com.

Dirinyapun menjelaskan, adapun maksud dari penyortiran kembali yaitu, memeriksa kembali surat suara yang rusak. Sehingga tiba pada hari pelaksanaan pemungutan suara pada tanggal 9 Desember 2020, semua kertas suara dalam keadaan baik.

“Pada hari ini hanya logistik yang masuk ke KPU Mitra, namun untuk alat kelengka pan pencoblosan sendiri belum masuk. Namun saya bisa pastikan dalam waktu dekat ini akan segers masuk,”pungkas Dotulong.

Iapun mengatakan, namun sebelumnya sudah masuk ke KPU Mitra diantaranya, Kotak suara, bilik suara, tinta, kabel tis, serta segel.

“Ada banyak item lagi yang akan masuk, namun saat ini sementara dalam proses. Kalau untuk kertas suara sendiri yang baru tiba malam ini, segera dilakukan penyotiran. Dikarenakan kami diberikan kesempatan adakan penyortiran selama dua hari,”pungkasnya.

Lebih lanjut Dotulong menuturkan, seusai diadakan penyortiran. Maka kita akan masuk dalam tahapan pelipatan kertas suara, itupun membutuhkan beberapa orang petugas pelipat kertas yang nantinya akan disiapkan tanda pengenal.

“Saya memastikan semua petugas baik itu petugas penyortiran kertas suara, maupun pelipat kertas suara semuanya sudah dilakukan rapid test. Sehingga seluruh petugas aman dari Covid-19,” tuturnya.

Sementara itu, menurut Ketua Bawaslu Mitra Jobie Longkutoy menjelaskan, kami hanya memastikan kertas suara diterima dari pelabuhan Bitung sampai bergerak ke KPU Mitra kertas suara dalam keadaan aman.

“Kehadiran kami disini hanya memastikan apakah keadaan kertas suara dari Bitung sampai di disini dalam keadaan baik, kalau untuk teknisnya selanjutnya tinggal pihak KPU Mitra. Serta memastikan ada berapa lembar surat suara yang rusak maupun yang tidak,”tutur singkat Longkutoy.

Dalam penjemputan kertas suara Pilgub 2020, terlihat turut di awasi langsung oleh Kapolres Mitra AKBP Dr Rudi Hartono.(CIA)

About Charles Ruru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *