Print This Post Print This Post
Home / Berita Utama / Masalah SAKIP, Sumendap: Jangan Cuma Jadi Kepala Tetapi Tak Paham Soal Program
Bupati Mitra James Sumendap SH, didampingi Wakil Bupati Drs Jocke Legi bersama Sekda Mitra David H Lalandos AP.MM menjelaskan kepada seluru SKPD Mitra terkait SAKIP.

Masalah SAKIP, Sumendap: Jangan Cuma Jadi Kepala Tetapi Tak Paham Soal Program

Bupati Mitra James Sumendap SH, didampingi Wakil Bupati Drs Jocke Legi bersama Sekda Mitra David H Lalandos AP.MM menjelaskan kepada seluru SKPD Mitra terkait SAKIP.

MITRA, Swarakawanua.com-Persoalan (Sistem Akintabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan) KemenPan-RB, Jumat 11 September 2020, Bupati Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap SH berikan arahan kepada seluruh Kepala SKPD bersama jajaran. Tentang SAKIP, agar seluruh SOPD tidak boleh hanya sekedar melaksanakan program semata, tetapi lebih kepada memahami apa yang dilakukan. Agar, bisa menghasilkan capaian yang tepat sasaran.

“Persoalannya disini, setiap tim evaluator berbeda-beda. Ada yang mau harus secara sistematis, ada juga yanf mau tahu sejauh mana kemampuan penguasaan program dari para kepala SKPD,”ujar Sumendap.

Sebab itu, para kepala SKPD bukan hanya boleh sekedar menjadi kepala saja, melainkan juga harus paham terkait program yang di laksanakan. Maka demikian, kepala SKPD akan mengetahui apa yabg menjadi indikator dari sasaran yang ingin di capai dalam program yanf ada.

“Jadi mereka (tim evaluator,red) saat ini mengevaluasi indikator capaian yang dihasilkan. Makanya setiap Kepala SKPD harus paham apa yang menjadi indikator capaian program masing-masing,” ungkap James Sumendap.

Menurutnya, jika kepala SKPD menjiwai dan mendalami program yang ada maka tidak ada hal yang sulit, apalagi berkaitan dengan presentasi SAKIP.

“Saya bukan ahli pertanian atau ahli teknik, tapi kepala dinas tidak bisa bodohi saya. Itu karena saya menjiwai, memahami, dan mendalami program. Jadi itu tidak sulit,” tegasnya.

Diharapkannya agar ke depan nanti setiap kepala SKPD dapat terus belajar, belajar, dan belajar lagi, terutama berkaitan dengan bidang masing-masing.

“Kalau tidak, nanti minggu depan saya tes setiap kepala SKPD secara lisan tanpa dokumen,” tutupnya. (CIA)

About Charles Ruru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *