Print This Post Print This Post
Home / Berita Pilihan / ODSK Siapkan Konferensi Dunia Dihadiri 41 Delegasi Negara Pulau dan 6 Negara Kepulauan

ODSK Siapkan Konferensi Dunia Dihadiri 41 Delegasi Negara Pulau dan 6 Negara Kepulauan

Wagub Sulut Steven Kandouw memaparkan kesiapan Sulut sebagai tuan rumah SOM IAS 2019,  Oktober mendatang.(Foto: ist)
Wagub Sulut Steven Kandouw memaparkan kesiapan Sulut sebagai tuan rumah SOM IAS 2019, Oktober mendatang.(Foto: ist)

 

MANADO, Swarakawanua–
Sulut bakal kembali menjadi tuan rumah pertemuan berskala internasional. Ya, Oktober hingga November mendatang, tepatnya 30 Oktober hingga 1 November, Senior Officer Meeting (SOM) Island Archipelago Summit (IAS) 2019 akan dilaksanakan di Sulut.
Selasa 2 Juli 2019, Gubernur Olly Dondokambey (OD) mempercayakan Wagub Steven Kandouw (SK) untuk tampil dalam rapat bersama menteri terkait, yang dipimpin Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan.
Dalam rapat khusus yang digelar di Kantor Kemenko Maritim Jakarta, Wagub memaparkan kesiapan Sulut sebagai tuan rumah, mulai dari keamanan, hotel dan transportasi, fasilitas tempat pertemuan, serta sarana dan prasarana kesehatan.
Pertemuan tingkat tinggi ini akan dihadiri 41 pemimpin negara-negara pulau dan 6 negara kepulauan yang tersebar di kawasan Pasifik Selatan, Karibia, Asia, Afrika dan Eropa.
Turut hadir dalam rapat tersebut Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dan para pejabat di Kemenko Maritim.
Negara-negara kepulauan dan negara pulau tersebut antara lain Antigua and Barbuda, Bahamas, Bahrain, Barbados, Federation States of Micronesia, Fiji, Grenada, Guinea-Bissau, Guyana, Haiti, lreland, Jamaica, Japan, Kiribati, Madagascar, Maldives, Malta, Marshall Islands, Mauritius, Nauru, New Zealand, Palau, Papua New Guinea, Philippines, Saint Vincent and the Grenadines, Samoa, Sao Tome and Principe, Seychelles, Singapore, Siprus, Solomon Islands, Sri Lanka, Suriname, Timor Leste, Tuvalu, Tonga, dan United Kingdom.
Staf khusus gubernur bidang pariwisata Dino Gobel mengatakan, IAS 2019 akan semakin memperkuat posisi strategis Sulu sebagai gerbang Asia Pasifik. “IAS 2019 akan semakin memperkuat posisi strategis Sulut yang sukses diwujudkan Gubernur OD sebagai gerbang Asia Pasifik sejak 4 Juli 2016 lalu saat akses sektor pariwisata dari China, Jepang dan Korea mulai terbuka ke Manado,” ungkap Dino.
Ditambahkannya, Gubernur Olly membuktikan Sulut sebagai
Gerbang Pasifik, dan kian diakui dunia. “Dan ini fakta. Kepemimpinan Gubernur Bapak Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw dalam tiga tahun terakhir sarat prestasi. Bahkan lantaran torehan prestasi yang dikelola secara kompak oleh ODSK tersebut, membuat Provinsi Sulut kemudian dipercayakan menjadi tuan rumah SOM IAS 2019,” katanya.
Warga Sulut pun diajak untuk memanfaatkan peluang-peluang yang ada. “Mari kita jaga dan bahkan ikut memanfaatkan memontum emas yang banyak diciptakan ODSK khususnya untuk peluang ekonomi dan bisnis yang kian meningkatkan kualitas perekonomian daerah kita dan pribadi kota masing-masing bersama keluarga tercinta,” ajaknya.(gyp)

About Peggy Sampouw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *