Print This Post Print This Post
Home / Talaud / Opster Bantu Percepat Proses Pembangunan

Opster Bantu Percepat Proses Pembangunan

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang
Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang

 

MELONGUANE, Swarakawanua— Pelaksanaan Operasi Teritorial (Opster) TNI 2019 di Kabupaten Kepulauan Talaud menjadi bukti bahwa negara hadir di wilayah perbatasan utara NKRI. Apalagi, Tanah Porodisa berbatasan langsung dengan Republik Filipina. “Pelaksanaan Opster 2019 di wilayah Kepulauan Talaud, karena Mabes TNI merasa penting kehadiran TNI, kehadiran negara di wilayah ini,” ucap Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang.

Setelah selama ini TNI membangun wilayah-wilayah bagian dalam, kini TNI memfokuskan perhatian membantu pemerintah daerah di daerah-daerah perbatasan untuk percepatan proses pembangunan. “Dengan kegiatan Opster ini, makin memperkuat rasa kepercayaan warga kepada pemerintah sekaligus memperkukuh rasa kebangsaan dan nasionalisme,” kata jenderal bintang 2 ini.

Aritonang juga berharap, warga penerima bantuan adalah warga yang menyadari bahwa negara hadir di Kabupaten Talaud. “Negara tidak lepas tangan terhadap wilayah ini dan dia harus merasakan kehadiran negara ini. Bahwa negara hadir dan bertanggung jawab terhadap warganya, walaupun berada di bagian utara, di perbatasan,” serunya.

Untuk mempercepat pembangunan di Kepulauan Talaud, perlu ada sinergitas yang baik dari pemerintah daerah dengan pemerintah pusat juga TNI. Selain melalui TNI, diharapkannya pemerintah daerah juga dapat mengalokasi anggaran untuk kegiatan semacam ini. “Sehingga percepatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat lebih cepat ditingkatkan,” harapnya.

Untuk tahun ini, lanjutnya, sasaran Opster mencakup Kecamatan Melonguane. Dan ia menjamin, di tahun berikutnya akan dikembangkan lagi. “Harapan saya, pemerintah daerah juga yang mempunyai anggaran. Kita satu padukan dengan kegiatan ini. Jadi tidak hanya kegiatan dari Mabes TNI, tapi juga kegiatan yang ada di pemerintah daerah sehingga cakupan, sasaran atau rumah atau obyek yang akan kita bangun itu lebih banyak,”pungkasnya.(alj)

About Peggy Sampouw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *