Print This Post Print This Post
Home / Berita Pilihan / Pemberian Bantuan Harus Ikuti Aturan, Jangan Celakakan Masyarakat

Pemberian Bantuan Harus Ikuti Aturan, Jangan Celakakan Masyarakat

Ilustrasi
Ilustrasi

 

MANADO,Swarakawanua-Di tengah pandemi Covid-19, para politisi menjadikan moment Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) untuk mendapat simpatik masyarakat, dengan turun langsung menyalurkan bantuan dalam bentuk bahan pokok, uang, dan masker kesehatan. Di sisi lain, masyarakat yang terdampak Covid-19 sering mengabaikan anjuran kesehatan menyusul adanya kebutuhan bantuan kesehatan baik penerima maupun pemberi.

Terpantau pemberi bantuan membagikan masker dan uang, tanpa disadari masyarakat langsung memakai masker dengan tidak menyadari kebersihan dari masker yang diterima bersamaan dengan uang. Bukan hanya itu salah satu penyebaran Virus Corona adalah melalui uang.

Disampaikan Kepala Bidang Pelayanan Medik RSUP Prof Kandou, dr Hanry Takasenseran, dari sisi kesehatan setidaknya saat pembagian bantuan tersebut masyarakat harus memahami hal tersebut. “Bantuan yang diberikan ini untuk apa? Kalau dari segi baik terima kasih. Sekiranya bantuan ini juga harus secara higienis, kalau disertai dengan uang setidaknya di sterilkan terlebih dahulu, jika pembagian bantuan tersebut berupa masker, masyarakat jangan langsung menggunakan. Pemberi maupun penerima bantuan harusnya menyadari dan mengikuti anjuran kesehatan,” ucap dr Hanry saat dihubungi, Minggu 31 Mei 2020.
Pembagian bantuan di tengah pandemi Covid-19 dimanfaatkan para politisi untuk mencari popularitas. Salah satu akademisi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Unsrat, Dr Ferry Liando menyoroti hal tersebut.

Dia menyampaikan, setidaknya membantu masyarakat harus terdorong oleh sebuah ketulusan dan panggilan hati nurani, tanpa ada motif yang lain untuk mencari keuntungan pribadi.

“Jangan sampai pemberi bantuan mengancam keselamatan manusia, dan mencelakakan banyak orang,” warning Liando.(feicy)

About Peggy Sampouw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *