Print This Post Print This Post
Home / Berita Pilihan / Penetapan Calon, Imbauan KPU Sulut, Paslon Hindari Iring-Iringan, Kumpul Massa, Pesta dan Konfoi

Penetapan Calon, Imbauan KPU Sulut, Paslon Hindari Iring-Iringan, Kumpul Massa, Pesta dan Konfoi

 

MANADO, Swarakawanua.com- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Ardiles Mewoh mengatakan pada esok hari 23/9 akan dilaksanakan Penetapan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut di KPU Sulut, Selasa 22 September 2020.

Di sesi wawancara Ardiles Mewoh menyampaikan esok pada tanggal 23/9 sesuai dengan PKPU Nomor 5 akan melakukan penetapan Pasangan Calon (Paslon) peserta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut. “Ini sudah termasuk 7 Kabupaten/Kota yang menyelenggarakan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati atau Walikota dan Wakil Walikota. Dalam penetapan ini kami akan melakukan pleno secara internal melakukan pencermatan terhadap hasil verifikasi yang sudah dilakukan sepanjang tahapan berjalan,” tutur Mewoh.

Mewoh mengatakan jika hasil verifikasinya memenuhi ketentuan persyaratan baik pencalon maupun syarat calon maka akan ditetapkan sebagai calon peserta Pemilihan. “Apabila persyaratannya tidak n ketentuan, maka tidak kita tetapkan sebagai calon atau statusnya tidak memenuhi syarat. Kami akan melakukan internal setelah ditetapkan, kita akan umumkan secara luas melalui website KPU maupun juga papan pengumuman di KPU Sulut, dan tentunya juga melalui teman-teman media, besok akan ada konferensi pers jam 10.00 Wita,” kata Mewoh.

Selanjutnya dirinya mengatakan himbauan kepada Bakal Calon yang sudah mengikuti proses dari awal, tentunya agar dapat menerima hasil yang nantinya akan ditetapkan oleh KPU.”Dengan catatan jika tentunya memenuhi persyaratan agar menghindari perayaan atau kumpul massa, atau melakukan konfoi bahkan iring-iringan sekali lagi kita menghimbau agar tidak dilakukan. Diingatkan kembali bahwa kita melakukan pemilihan di masa pandemi Covid-19, jadi tidak ada iring-iringan, perayaan maupun pesta dan lain sebagainya. Kami berkeinginan agar dipatuhi oleh seluruh Bakal Calon yang kita tetapkan nanti menjadi Calon,”ucap Mewoh.

“Harapannya kami sebagai penyelenggara Pemilu, mohon ini di patuhi dan jika tidak di patuhi kami akan berkordinasi dengan pihak yang berkewenangan agar memberikan penindakan sesuai dengan ketentuan yang ada. Ketentuan ini untuk seluruh daerah, termasuk 7 Kabupaten/Kota yang menyelenggarakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati maupun Walikota dan Wakil Walikota. Pleno ini dilakukan serentak jam 10.00 Wita akan kita laksanakan dan akan ditetapkan siapa saja bakal calon yang memenuhi persyaratan untuk menjadi peserta pemilihan kepala daerah serentak 2020 ini,”tambah Mewoh.(feicy)

About Peggy Sampouw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *