Print This Post Print This Post
Home / Berita Utama / Perangi Covid-19, WL Minta Pemerintah Lakukan Pencegahan Masif

Perangi Covid-19, WL Minta Pemerintah Lakukan Pencegahan Masif

images (2)

MANADO, Swarakawanua.com — Ketua Fraksi Nyiur Melambai DPRD Sulut Wenny Lumentut mengaku prihatin dengan terus bertambahnya warga Indonesia yang terifeksi Covid-19 atau virus corona. Kepada wartawan, Wakil Ketua Komisi I DPRD ini meminta pemerintah untuk melakukan pencegahan secara masif.

“Pertama, pastikan daging impor yang masuk ke Indonesia bersih dari virus. Wajib diperiksa. Karena di China, dicurigai virus menular dari daging. Dan mengapa Italia banyak yang terinfeksi virus ini, karena banyak yang makan daging di sana,” beber WL, sapaan akrabnya, Selasa (17/03/2020).

Lebih lanjut, WL menyarankan agar pemerintah memperketat arus masuk warga negara Indonesia maupun warga asing.

“Jika ada yang baru kembali dari luar negeri harus di karantina. Tak boleh berinteraksi dengan masyarakat. Memastikan mereka ke Indonesia dalam keadaan sehat,” tegas WL.

Dia mengatakan, tempat-tempat publik harus dijaga kebersihannya karena bisa saja menjadi lokasi penularan melalui serangga. Semisal, pasar tradisional.

“Begitu juga rumah-rumah warga,” tukasnya,
sembari meminta pemerintah mengambil langkah antisipatif jika nanti ada TKI yang pulang ke Indonesia.

“Karena diperkirakan pada bulan Mei nanti akan banyak TKI pulang kampung. Pemerintah harus sudah ada langkah antisipasi untuk meminimalisir penularan virus di Indonesia. Pemerintah tak boleh segan meminta bantuan Tiongkok. Yang sudah berhasil memerangi virus ini,” urainya.

Selain itu juga, WL mengimbau kepada para pekerja dipabrik khususnya dibagian produksi untuk tidak bersosialisasi sementara waktu.

“Khusus buruh/pegawai pabrik makanan tinggal di mess pabrik jangan bersosialisasi keluar karena ditakutkan mereka terjangkit Corona, dan pada ujungnya semua buruh pabrik terjangkit dan pabrik bisa tutup,” imbaunya.

Langkah-langkah ini, dinilai WL bisa mengurangi penularan virus corona di Indonesia.(*/jp)

About Jhon Paransi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *