Print This Post Print This Post
Home / Advertorial / Peringati BBGRM XVI, Gubernur Olly Ingatkan Rakyat Sulut Pentingnya Nilai Gotong Royong

Peringati BBGRM XVI, Gubernur Olly Ingatkan Rakyat Sulut Pentingnya Nilai Gotong Royong

Gubernur Olly Dondokambey menggelorakan semangat gotong royong masyarakat Sulut.(Foto: hms)
Gubernur Olly Dondokambey menggelorakan semangat gotong royong masyarakat Sulut.(Foto: hms)

 

MOLIBAGU, Swarakawanua– Mengangkat tema ‘Dengan Semangat Bulan Bhakti Gotong Royong Kita Sukseskan Program OD-SK (Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan’, puncak Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XVI Tingkat Provinsi Sulawesi Utara digelar di Aaun-alun Molibagu, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kamis 27 Juni 2019. Puncak BBGRM XVI ini dihadiri langsung oleh orang nomor satu di Sulawesi Utara, Gubernur Olly Dondokambey. Tampak hadir juga istri tercinta Ketua TP PKK Sulut Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan mendampingi Gubernur.

Puncak peringatan BBGRM XVI Tingkat Provinsi Sulut di Bolsel.(Foto:hms)
Puncak peringatan BBGRM XVI Tingkat Provinsi Sulut di Bolsel.(Foto:hms)

Momentum BBGRM ini dimaknai Gubernur Olly dengan mengajak seluruh masyarakat Sulut untuk kembali mengingat arti penting nilai-nilai gotong royong. “Dengan gelar acara ini kita maksimalkan dan arahkan fokus energi kita untuk kegiatan gotong royong di berbagai bidang,” ucapnya.
Menurut Gubernur, gotong royong di berbagai bidang tersebut di antaranya di bidang kemasyarakatan. “Gotong royong di bidang kemasyarakatan melalui penguatan sistem keamanan lingkungan, penguatan Hansip dan Linmas, penegakkan trantib masyarakat, penyuluhan wawasan kebangsaan, 4 Pilar Kebangsaan dan taat bayar pajak,” tutur Gubernur.
Selanjutnya di bidang ekonomi, meliputi penguatan peran koperasi, pengembangan usaha mikro, penguatan lembaga simpan pinjam, pengembangan budidaya pertanian dan hortikultura, pembangunan dan perbaikan berbagai sarpras desa.
Di samping itu, kegiatan gotong royong di bidang sosial budaya dan agama, yakni berupa penyuluhan dan pelayanan kesehatan, bantuan lansia, lomba kesehatan, pemeliharaan sarana dan prasarana (sarpras) olahraga, pertandingan olahraga dan seni budaya, pemeliharaan sarpras ibadah.
Ada juga kegiatan gotong royong di bidang lingkungan, seperti pembangunan dan pemeliharaan prasarana persampahan, jamban, air bersih, pembersihan dan penyehatan lingkungan pemukiman, penyuluhan kesehatan lingkungan, kegiatan konservasi, rehabilitasi dan reboisasi lahan kritis. “Mengingat kegiatan ini dari, oleh dan untuk masyarakat, maka saya mengajak keterlibatan semua elemen masyarakat baik Tim Penggerak PKK, Karang Taruna, RT/RW/Lingkungan dan lembaga-lembaga yang ada di desa untuk bersatu padu secara bersama, berpartisipasi dan berkontribusi aktif dalam kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong ini, agar mencapai sasaran seperti yang dinginkan bersama,” imbuhnya.
Sebelumnya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Daerah Provinsi Sulut Royke Mewoh saat menyampaikan laporan kegiatan menyebut tujuan dilaksanakannya acara puncak BBGRM XIV. “Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat kegotongroyongan dan kebersamaan masyarakat dalam pembangunan,” kata Mewoh.
Diketahui, acara BBGRM XVI turut dirangkaikan dengan penyerahan berbagai bantuan Pemprov Sulut kepada masyarakat Bolsel oleh Gubernur Olly dalam rangka menyukseskan program Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK). Bantuan tersebut berupa buku, tanaman pangan, perangkat komunikasi, stimulan perumahan swadaya, makanan bayi, bibit pala, benih ikan dan bantuan lainnya.

Gubernur Olly Dondokambey menyerahkan sertifikat tanah kepada masyarakat Bolsel.(Foto: hms)
Gubernur Olly Dondokambey menyerahkan sertifikat tanah kepada masyarakat Bolsel.(Foto: hms)

Gubernur juga menyerahkan secara simbolis sertifikat tanah gratis kepada masyarakat Bolsel. Sertifikat ini merupakan tahap pertama dari total 5.100 sertifikat gratis yang biayanya didanai Pemkab Bolsel.
Acara puncak BBGRM XIV Tingkat Provinsi Sulawesi Utara turut dihadiri jajaran Forkopimda, Bupati Bolsel Iskandar Kamaru, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Ivonne Silangen-Lombok, para pejabat Pemprov Sulut dan jajaran pemerintah kabupaten dan kota se-Sulut.(adv)

About Peggy Sampouw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *