Print This Post Print This Post
Home / Berita Pilihan / Peringati Hari Kartini, TP-PKK Bekerjasama DWP Kabupaten Mitra Gelar Bermacam Lomba

Peringati Hari Kartini, TP-PKK Bekerjasama DWP Kabupaten Mitra Gelar Bermacam Lomba

MITRA, Swarakawanua.com-Memperingati Hari Kartini yang jatuh pada 21 April 2021 kemarin, Tim Pengerak PKK bersama dengan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra). Kamis 22 April 2021, bertempat Desa Silian Satu Kecamatan Silian Raya (terminal Gunung Soputan).

Adapun beberapa kegiatan yang telah di prakarsai sepenuh oleh ke 10 Desa yang ada di Kecamatan Silian Raya diantarnya, lomba pembuatan Kue Cucur, pembuatan nasi goreng, Lomba Busana Batik Nasional Pria, Lomba Busana Kebaya Nasional Wanita, serta pemberian sembako kepada 8 orang cacat.

Dalam sambutan Ketua TP-PKK Kabupaten Minahasa Tenggara Djein Leonora Rende, SE. AK, dibacakan oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Mitra Ny. Lingkan Lalandos-Mumekh, SE mengatakan, perjuangan Raden Ajeng Kartini untuk memajukan perempuan Indonesia, sedikit demi sedikit dapat diwujudkan dan di Implementasikan.

“Ini dibuktikan sudah banyak tokoh-tokoh perempuan di Indonesia, di Sulawesi Utara terlebih khususnya di Kabupaten Mitra yang berprestasi. Serta dapat dibanggakan oleh perempuan sendiri,” ujar isteri tercinta Sekda Mitra David H Lalandos, AP.MM.

Lebih Lanjut diungkapkan isteri tercantik sekda Mitra David H Lalandos menjelaskan, kehadiran dari kaum perempuan dalam pembangunan bangsa Indonesia juga telah dibuktikan dengan, memberikan sumbangsih yang berarti dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga dan ketahanan keluarga.

“Perempuan Indonesia memiliki kemampuan untuk berperan ganda dalam kehidupan masyarakat maupun keluarga, serta mampu sukses bekerja tanpa meninggalkan kodrat sebagai ibu rumah tangga. Atau ada keseimbangan didalamnya,” tutur Lingkan.

Iapun menambahkan, selaras dengan hal tersebut, makan perempuan sebagai salah satu kunci ketahanan keluarga. Dalam rangka Hari Kartini sekarang ini, kita harus bangkit dan mampu menempatkan dirinya sebagai garda terdepan dalam menciptakan generasi yang tangguh dan handal.

“Peran perempuan begitu sangat penting atau ibu sebagai tempat pendidikan pertama dan utama bagi anaknya belajar tentang segala hal dalam hidupnya, tentunya menuntut kesiapan bekal serta peningkatan kualitas diri seorang perempuan atau ibu. Nantinya akan sangat mempengaruhi pendidikan yang diberikan kepada anaknya,” ucap Lingkan.

Diakhir sambutannya menyampaikan, momentum peringatab hari Kartini ke 143 tahun 2021 melalui tema, Dengan Semangat Hari Kartini kita tingkstkan Peran perempuan dalam berkarya, mengabdi untuk negeri dan bermartabat bagi keluarga.

“Semoga semangat peringatan Hari Kartini ke-143 tahun 2021 ini, akan membangkitkan motivasi perempuan Kabupaten Mitra lebih berdaya meningkatkan ketahanan keluarga, serta bisa memacu semangat perempuan di Kabupaten Mitra. Atas nama Ketua TP-PKK Kabupaten Mitra Djein Leonora Rende, SE.AK, saya pribadi mengucapkan. Selamat memperingati hari Kartini 2021,” tutupnya.

Sementara itu dalam sambutan oleh Pemerintah Kecamatan dalam hal ini Camat Silian Selvie N.S Lendombela, S.Pd, MM menuturkan, dalam memperingati hari Kartini ke-143 tahun. Pemerintah Kecamatan Silian raya melaksanakan beberapa lomba, dan lomba tersebut bukan saja hanya di khususkan bagi kaum perempuan. Namun saat ini emansipasi, para pria juga ikut dalam perlombaan.

“Kegiatan lomba tersebut sepenuhnya murni berasal dari usaha dari ke 10 Hukum Tua se-Silian Raya, saya atas nama pribadi mengucapkan terima kasih atas dukungan penuh dari para 10 Hukum Tua sehingga pelaksanaan lomba bisa selesai dengan baik. Meski cuaca hujan, namun tidak menyurutkan semangat para Kartini Kecamatan Silian untuk mengikuti kegiatan. Dipastikan bagi para peserta lomba akan diberikan hadia secara langsung,” singkat Selvi.

Adapun yang ikut dalam pembukaan kegiatan yaitu, Sekcam Silian Raya Farly Rugian, S.IP, Ketua DWP dan TP-PKK Kecamatan Silian Raya Ny. Seplin Rugian Legi, S.Th, seluruh Hukum Tua se- Kecamatan Silian Raya, Ketua TP-PKK Desa se- Kecamatan Silian Raya. (CIA)

About Charles Ruru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *