Print This Post Print This Post
Home / Berita Pilihan / PIA AG Inisiasi Rapid Test di Lanud Sam Ratulangi Manado

PIA AG Inisiasi Rapid Test di Lanud Sam Ratulangi Manado

(Foto: Serda Ridwan)

 

MANADO, Swarakawanua.com– Ketua Persatuan Isteri Angkatan Udara (PIA) Ardhya Garini Cabang 9 Daerah II Pangkalan TNI AU Sam Ratulangi, Lidya Abram Tumanduk, membuka kegiatan Rapid Test dan Ceramah KDRT di Balai Prajurit Lanud Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara, Kamis 12 November 2020.
Khusus kegiatan rapid test, diikuti pula oleh Komandan Lanud Sam Ratulangi Kolonel Pnb Abram Tumanduk beserta para Kadis dan anggota militer lainnya.

Dalam sambutannya, Lidya Abram Tumanduk mengatakan, kegiatan ini adalah rangkaian kegiatan dalam rangka HUT PIA Ardhya Garini ke-64 tahun ini. Dimana puncak peringatannya pada 25 November akan secara virtual dan menyeluruh se-Indonesia. “Kami menginisiasi pelaksanaan Rapid Test kembali di Lanud Sam Ratulangi sekaligus pemeriksaan tingkat gula darah dan cholesterol. Demikian pula kegiatan ceramah KDRT. Sejak tahun 2004 UU KDRT telah dikeluarkan oleh pemerintah RI sehingga bagi kami, ceramah KDRT ini sangat penting untuk diketahui,” kata Lidya yang juga berprofesi sebagai dosen Universitas Sam Ratulangi Manado.

Menurutnya, Undang-undang RI Nomor 23 Tahun 2004 ini perlu untuk dipahami dan dimengerti oleh seluruh Ibu-ibu PIA Ardhya Garini Cabang 9 Daerah II Lanud Sam Ratulangi Manado. Sehingga mengantisipasi terjadinya KDRT perlu diketahui upaya yang dapat dilakukan. Upaya yang dilakukan oleh setiap orang yang mendengar, melihat atau mengetahui terjadinya KDRT, yakni, mencegah berlangsungnya tindak pidana, memberikan perlindungan kepada korban, memberikan pertolongan darurat.

Sementara itu, Mayor Sus Yenny Luntungan, sehari-harinya menjabat sebagai Kepala Hukum (Kakum) Lanud Sam Ratulangi, memberikan materi ceramah KDRT. “Seperti yang dikatakan Ibu Lidya bahwa undang-undang tentang kekerasan dalam rumah tangga ini telah cukup lama dikeluarkan oleh pemerintah. Sehingga perlu untuk disosialisasikan kembali agar kita dapat mengetahui hak dan kewajiban kita,” ungkapnya.

Kapentak Lanud Sam Ratulangi Mayor Sus Michiko Moningkey dalam keterangan resminya menjelaskan, kegiatan Rapid Test dan Ceramah KDRT ini diikuti oleh seluruh Keluarga Besar Lanud Sam Ratulangi, termasuk isteri dan keluarga. Pemeriksaan kesehatan didukung sepenuhnya oleh Kepala Rumah Sakit Lanud Sam Ratulangi Manado Sulut Mayor Kes dr. Ahmad Fauzi.(rls)

 

About Peggy Sampouw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *