Print This Post Print This Post
Home / Berita Pilihan / Pimpinan Dewan Harus Cepat Bentuk Fraksi dan Banggar DPRD Manado

Pimpinan Dewan Harus Cepat Bentuk Fraksi dan Banggar DPRD Manado

IMG_20190819_134946

MANADO, SwaraKawanua-Setelah ditunjuk oleh partai sebagai pimpinan dewan sementara, Altje Dondokambey dari Partai PDIP dan Noortje Van Bone dari Demokrat harus segera bergerak mengatur lembag tersebut. Pasalnya, tugas utama pimpinan dewan sementara adalah membentruk fraksi-fraksi di DPRD kota Manado, Tatib DPRD, Pimpinan dewan difinitif dan Badan anggaran (Banggar) DPRD kota Manado.

“Lembaga ini tidak bisa .melaksanakan kegiatan apa-apa, kalau belum ada fraksi-fraksi dan Banggar karena terkait RAPBD 2020 kota Manado. Apalagi pembentukan itu sesuai Tatib pasal 34,” ujar legislator terpilih 3 periode, Lilly Binti kepada wartawan kemarin. Lanjutnya, fraksi dan Banggar DPRD harus menjadi skala prioritas pimpinan dewan sementara agar kegiatan kelembagaan dapat dijalanKan.

IMG_20190819_134617

“Kalau sudah ada fraksi-fraksi maka mereka segera memfasilitasi pembentukan pimpinan definitif agar alat kelengkapan dewan lainnya sudah bisa dibentuk,” jelas politisi Golkar Manado ini. Dia juga menyentil pimpinan dewan sementara untuk. tidak berdiam diri saja tapi harus lebih banyak membaur dengan anggota DPRD Manado lainnya. “Pimpinan dewan bukan hanya milik satu partai tapi milik semua anggota dewan yang ada di lembaga ini,” terang srikandi cantik dari partai berlambang pohon Beringin ini.

Screenshot_2019_0819_150135

Dia menambahkan sampai saat ini masih ada beberapa Ranperda yang belum diselesaikan DPRD kota Manado seperti contoh konkrit Ranperda RTRW yang sudah lama belum final. “Kalau Banggar terlambat dibentuk maka akan berimpilkadi pada APBD induk 2020,” ujar Libin, sapaan akrab Lilly Binti.

Screenshot_2019_0819_150324

Dia menambahkan, Tatib DPRD Manado, Badan Legislasi serta BK walaupun terlambat masih bisa dimungkinkan asalkan fraksi dan baggar secepatnya terbentuk,”APBD 2020 bisa molor kalau belum ada banggar,” kunci petinggi Golkar Manado ini. (DN5)

About Dance Siahaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *