Print This Post Print This Post
Home / Berita Pilihan / Resepsi Ulang Tahun ke-243 Kemerdekaan AS dan Tiga Event Penting Digelar di Sulut

Resepsi Ulang Tahun ke-243 Kemerdekaan AS dan Tiga Event Penting Digelar di Sulut

Gubernur Sulut Olly Dondokambey saat sambutan di 243rd US Independence Day Celebration and The 70th Anniversary of US-Indonesia Diplomatic Relation, di Hotel Four Points, Senin 17 Juni 2019.(Foto: dok/hms)
Gubernur Sulut Olly Dondokambey saat sambutan di 243rd US Independence Day Celebration and The 70th Anniversary of US-Indonesia Diplomatic Relation, di Hotel Four Points, Senin 17 Juni 2019.(Foto: dok/hms)

MANADO, Swarakawanua–Waaaw, setidaknya dalam sehari (Senin 17 Juni 2019) ada empat momentum penting dan bersejarah Negara Paman Sam Amerika Serikat (AS) dilaksanakan di Sulut dan dihadiri langsung Duta Besar AS untuk Indonesia Joseph R. Donovan Jr. Pada pagi, pembukaan Latihan Bersama TNI AU dan US Air Force bertajuk Cope West 2019. Tahun ini adalah pelaksanaan latihan bersama yang ketiga kalinya. Dilanjutkan dengan peresmian investasi perusahaan AS, Forever Oceans, senilai Rp700 miliar yang bergerak di bidang budidaya ikan Amber Jack atau Goropa. Ini adalah investasi tahap awal.
Dan malamnya digelar resepsi perayaan ulang tahun ke-243 kemerdekaan AS yang dirangkaikan dengan peringatan 70 tahun hubungan diplomatik AS-Indonesia.
Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengapresiasi atas dipilihnya Sulut sebagai lokasi penyelenggaraan acara tersebut. “Kita sangat bersyukur karena Sulawesi Utara malam ini dipilih menjadi tempat perayaan resepsi perayaan ulang tahun ke-243 kemerdekaan Amerika Serikat. Orang bisa melihat bahwa Sulut sebagai daerah aman, damai dan sejahtera,” kata Gubernur.
Dalam perayaan yang dihadiri juga
Konsul Jenderal AS di Surabaya Mark McGovern, Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw dan para pejabat Pemprov Sulut ini, Gubernur mengatakan, kerukunan beragama di Sulut yang bisa dijaga hingga kini menjadi daya tarik tersendiri bagi semua pihak untuk mengadakan kegiatan di Sulut. “Suasana rukun dan damai yang bisa terjaga terus berdampak sangat positif bagi masyarakat Sulut. Semoga acara seperti ini bisa dilaksanakan lagi di Sulut karena berdampak positif bagi ekonomi kita (Sulut),” ungkapnya.
Di usia 243 tahun kemerdekaannya, AS semakin meningkatkan jalinan dengan Indonesia, bahkan akan semakin mempererat kerjasama bilateral secara utuh, yang senantiasa membawa bagi kedua pihak, baik dalam bidang sosial, politik dan ekonomi, maupun dalam bidang lainnya.
Selang 70 tahun hubungan AS dan Indonesia, secara umum terus menunjukkan peningkatan dan saling menguntungkan. Hubungan diplomatik ini harus semakin diperkuat dalam mengoptimalkan kerjasama ke depannya.(gyp/hms)

About Peggy Sampouw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *