Print This Post Print This Post
Home / Berita Pilihan / Sebulan Pimpin Manado, AA-RS Mampu Selesaikan Masalah Sampah

Sebulan Pimpin Manado, AA-RS Mampu Selesaikan Masalah Sampah

 

MANADO, Swarakawanua.com – Walikota Manado Andrei Angouw dan Wakil Walikota Manado Richard Sualang pada saat dilantik 10 Mei 2021 langsung memprioritas penanganan sampah di Kota Manado.
Tak perlu menunggu waktu lama, sebulan memimpin Kota Manado Andrei Angouw dan Richard Sualang (AA-RS) berhasil menyelesaikan masalah sampah di Kota Manado.
Berdasarkan pantauan, saat ini tidak lagi terlihat tumpukan sampah di sudut jalan Kota Manado bahkan tidak ada lagi antrian truk dan bentor sampah di Tempat Pembuangan akhir (TPA) Sumompo, padahal dalam beberapa tahun terakhir sampah menjadi masalah pelik di Kota Manado, TPA Sumompo diklaim tidak bisa lagi menampung volume sampah warga Kota Manado sehingga tumpukan sampah sangat mudah ditemui di sudut Kota Manado.
Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Manado Franky Jhonson Porawouw mengatakan, Walikota Manado Andrei Angouw sangat fokus dalam penanganan sampah di Kota Manado. Beberapa hari setelah menjabat langsung melakukan inspeksi ke TPA Sumompo bahkan naik ke gunung sampah di TPA untuk memastikan langkah penanganan sampah di TPA. “Masalah utama TPA adalah pengaturan yang tidak baik, sehingga Walikota Andrei Angouw menyumbang dua buah alat berat sekaligus mencari bantuan 4 alat berat untuk menata TPA,” ujar Porawouw, Selasa (08/06/2021).
Menurut Porawouw, kondisi TPA dalam proses penataan kembali karena ada lahan sekitar tiga hektare yang bisa dijadikan tempat pembuangan baru. “Saat ini kami sedang mengerjakan akses jalan menuju ke tempat pembuangan sehingga bisa dimasuki truk dan menggaruk kembali gunung sampah untuk di ratakan,” ujar pejabat energik ini.
Ditambahkannya, Manado tidak lagi dalam kondisi darurat sampah seperti yang disebutkan beberapa bulan lalu karena dengan kondisi TPA saat ini masih bisa menampung volume sampah warga Kota Manado hingga 5 tahun ke depan. “Manado tidak akan pernah mengalami darurat sampah karena sebentar lagi TPA regional Ilo-ilo akan segera beroperasi sehingga semua sampah warga Kota Manado dipastikan akan langsung ke TPA,” tukas Porawouw.(mey)

 

 

About Peggy Sampouw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *