Print This Post Print This Post
Home / Advertorial / Sebut Sulut Provinsi Kelima Terbaik Pertumbuhan Ekonomi, Ini Penjelasan Puan Maharani

Sebut Sulut Provinsi Kelima Terbaik Pertumbuhan Ekonomi, Ini Penjelasan Puan Maharani

Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.(Foto: ist)

 

MANADO, Swarakawanua.com– Kehadiran Ketua DPR RI DR (HC) Puan Maharani bagi Sulawesi Utara sangatlah membanggakan. Mendapatkan kunjungan tersebut adalah kesempatan yang luar biasa apalagi ketika Ketua DPR RI bisa hadir di Sulut selama sekitar 3 hari.

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey bersama Wagub Steven Kandouw pun ikut mendampingi dengan mengelilingi, meninjau secara langsung pulau-pulau kecil dan tempat destinasi wisata lainnya serta berbagi bantuan di sana.

Ketua DPR RI DR (HC) Puan Maharani mengapresiasi pertumbuhan ekonomi Sulut.(Foto: ist)

Senin 7 Juni 2021, digelar pertemuan Ketua DPR RI DR (HC) Puan Maharani bersama Gubernur dan Wagub dan jajaran Pemerintah Pemprov Sulut, unsur Forkopimda serta kepala daerah di kabupaten/kota dan pimpinan DPRD se-Sulut.
Pertemuan yang digelar di aula Mapalus kantor gubernur, dilaksanakan secara fisik dan zoom meeting.

Gubernur Sulut Olly Dondokamney saat sambutan.(Foto: ist)

Puan Maharani di awal sambutan membuka dengan menyapa kepada undangan yang hadir, yaitu Ketua dan Pimpinan DPRD Provinsi, Forkopimda Provinsi, Sekprov, Bupati/Walikota dan wakil, ketua DPRD kabupaten/kota dan pejabat tinggi pratama Pemprov Sulut.

Dalam sambutan Ketua DPR RI Puan Maharani mengapreasi pertumbuhan ekonomi Sulut. “Apresiasi bagi Sulawesi Utara soal pertumbuhan ekonomi,” ungkapnya.

Jajaran Forkopimda serta pimpinan instansi vertikal tampak ikut hadir.(Foto: ist)

Ia menyampaikan, bahwa Sulut masuk kategori provinsi yang masih dalam kondisi yang bertumbuh, walaupun di situasi Covid-19. “Ini suatu hal yang luar biasa,” puji Puan Maharani.
Menurut Puan, banyak hal yang dilakukan, salah satunya adalah topangan hasil perkebunan, pertanian dan hasil laut sehingga masih bisa berjalan.
“Dari 34 provinsi di Indonesia, Sulut merupakan provinsi nomor 5 terbaik pertumbuhan ekonominya. Pertama Papua, Malut, Sulteng, DI Yogyakarta dan Sulut,” ujarnya seraya memberikan apresiasi kepada seluruh Forkopimda yang bergotong-royong menjaga kondisi provinsi Sulawesi Utara,” paparnya.
Ekonomi Papua, Maluku Utara, dan Sulawesi Tengah ditopang oleh pertambangannya, Daerah Istimewa Yogyakarta ditopang oleh konsumsi dari kegiatan mahasiswa/pelajar, sedangkan Sulawesi Utara, ditopang oleh hasil kebun, pertanian, dan hasil laut.

Para kepala daerah kabupaten dan kota di Sulut hadir dalam pertemuan.(Foto: ist)

Sementara Gubernur dalam sambutan sekaligus laporan menyampaikan kondisi Sulut yang dikenal dengan julukan daerah Nyiur Melambai. Dikatakannya, Provinsi Sulut memiliki penduduk sebanyak 2,6 juta jiwa. Kemudian menyangkut pertumbuhan ekonomi, Sulut sangat baik yakni sebesar 1,8 persen serta tingkat inflasi sangat baik dan terkendali. “Kegiatan penyerapan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) juga sangat baik, sehingga penyerapan dana Pemerintah menjadi salah satu faktor pendorong pertumbuhan ekonomi yang ada di Provinsi Sulut,” ungkap Gubernur Olly.
Selain itu, Gubernur memaparkan mengenai rencana beberapa proyek nasional yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi, yakni pembangunan jembatan Bitung – Lembeh, kawasan industri Mongondow (Kimong), pembangunan kawasan karetropolis Pulau Lembeh dan jalan tol Manado – Amurang.
“Ini semua sudah dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo dan Presiden sudah memerintahkan agar kegiatan ini dapat berjalan,” kata Gubernur Olly.
Gubernur berharap laju pembangunan semakin cepat menuju Indonesia Emas.(adv/dkips)

 

 

About Peggy Sampouw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *