Print This Post Print This Post
Home / Berita Pilihan / Siswa SMPN 1 Manado Akui Tidak Ada Pungli

Siswa SMPN 1 Manado Akui Tidak Ada Pungli

Screenshot_2019_1108_082227
MANADO,SwaraKawanua-Terkait dugaan pungutan liar (pungli) di SMPN 1 Manado sempat menghebohkan institusi tersebut. Bahkan berita dugaan pungli di tempat tersebut terdengar di telinga kalangan siswa-siswi SMPN 1 Nanado.
Beberapa siswa kekas X ketika ditelusuri wartawan mengaku bahwa di sekolah mereka pengumpulan dana sukarela apabila ada peristiwa kedukaan atapun musibah bencana alam seperti kebakaran dan tanah longsor baik yang dialami siswa maupun tenaga guru di sekolah tersebut.

“Kami memberikan partisipasi kalau di sekolah ada siswa atau orang tua siswa atapun guru dan orang tua guru yang meninggal,” ungkap siswi kelas IX.3 Vania Tombokan.
Begitu juga dengan penuturan Neilsa Sahabati siswi kelas IX3. Menurutnya, spontanitas dana duka dan bencana berupa peristiwa kebakaran tidak ada paksaan dari pihak sekolah. “Terserah kami mau kasih berapa seribu, dua ribu atapun tidak kasih juga bukan sebuah kewajiban cuma saling kepedulian saja,” ucap Sahabati.
Sedangkan Seva Saleh kelas IX.1 mengakui sekalah ada pengumpulan uang untuk kepsek sudah masuk masa pensiun.. “Tidak ada kumpul uang 5 ribu di kelas kami,” ujar Saleh.

Screenshot_2019_1106_154706
Begitu pun terang Annelis Jufica, siswa kelas IX.2 bahwa tidak benar sekolah menarik uang dari siswa untuk persiapan kepsek pensiun akhir Desember 2019 ini. “Nyanda ada sekolah ada suru kumpul-kumpul doi 5 ribu,” aku Jufica. (DN5)

About Dance Siahaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *