Print This Post Print This Post
Home / Berita Pilihan / Tinungki Minta Kepolisian Ledakan Lubang Tambang Bakan

Tinungki Minta Kepolisian Ledakan Lubang Tambang Bakan

20190228_151425

SULUT, Swarakawanua.com – Kepala Dinas (Kadis) ESDM Provinsi Sulut, Bach A Tinungki, meminta pihak Kepolisian untuk meledakkan lubang tambang emas di Bakan Bolaang Mongondow (Bolmong).

Pernyataan Kadis Tinungki ini beralasan, sebab menurut dia lokasi tambang tersebut sudah tidak layak lagi disentuh oleh masyarakat penambang emas.

“Saya meminta Kepolisian untuk menutup dan meledakan lubang tambang emas di Bakan Bolmong, sehingga tidak ada lagi korban nyawa berikutnya,” jelas Tinungki, Kamis (28/2) kepada wartawan di ruang kerjanya.

Tinungki berharap kepada masyarakat penambang untuk mencari tempat lain, mencari lokasi tambang yang aman, atau lebih baik masuk di wilayah tambang yang resmi.

“Alasannya, dalam lubang Bakan ini sudah berongga-rongga mudah ambruk, tanahnya mudah runtuh.Bahkan waktu lalu sempat dipasang Police Line dan sudah dibersihkan pihak Kepolisian,” katanya.

Selain itu, dirinya telah bertemu Asisten II Provinsi Sulut untuk membahas penanganan konflik pertambangan.

“Salah satunya adalah menangani Penambang Emas Tanpa Izin (PETI), didalamnya ada Tim Terpadu sebagai Ketua Umumnya adalah Pak Wagub Drs Steven Kandouw.Dalam waktu dekat kita akan segera melaporkan supaya bisa diambil langkah-langkah untuk wilayah-wilayah tambang berbahaya ini,” pungkasnya.

Diungkapkan Tinungki, hingga data Kamis (28/2) siang, sudah ada tujuh orang penambang emas meninggal akibat tertimbun longsor di Bakan Bolmong.

“Solusinya diledakkan saja lubang tersebut, supaya tidak ada lagi masyarakat yang menambang disitu,” kuncinya. (Egen)

About adminKa1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *