Print This Post Print This Post
Home / Berita Utama / Uji Publik Selama Tiga Hari, 106 KK Desa Suluun Tiga Layak Terima BLT Tahap I

Uji Publik Selama Tiga Hari, 106 KK Desa Suluun Tiga Layak Terima BLT Tahap I

IMG-20200529-WA0022

MINAHASASELATAN, Swarakawanua.com – Pemerintah Desa Suluun Tiga Kecamatan Suluun Tareran Kabupaten Minahasa Selatan, merujuk amanat Peraturan Menteri Desa No 6 Tahun 2020, melaksanakan penyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa 2020 Tahap I.

Hukum Tua Desa Suluun Tiga Jerry Regar kepada wartawan Swarakawanua.com menjelaskan, bahwa penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) ini sesuai kesepakatan hasil musyawarah Desa, serta pertimbangan berbagai faktor dengan asas pemerataan disetiap jaga mengutamakan warga yang layak menerima sebagai masyarakat terdampak covid-19.

“Jadi putusan musyawarah Desa serta data dari disetiap jaga dan berbagai putusan yang ada, dengan memperhatikan warga terdampak covid-19, maka ditetapkan 106 KK penerima dana Bantuan Langsung Tunai Dana Desa. Itupun sebelum penyaluran, diberitahukan melalui pengeras suara.” tegas Regar saat ditemui awak media ini di rumah kediamannya, Rabu (27/05/20).

Dikatakannya, ada beberapa kajian yang dilakukan sebelum dana disalurkan. Seperti keterbukaan data penerima BLT, dengan tobosan uji publik selama 3 hari. Maksud dan tujuan uji publik adalah untuk mempublikasikan nama-nama penerima BLT, selama 3 hari. Dengan tujuan, jika ada tanggapan dan koreksi dari masyarakat soal data penerima BLT.

“Sebelum disalurkan, kami Pemerintah Desa Suluun Tiga melakukan uji publik selama 3 hari. Terobosan ini untuk meminimalisir jangan-jangan ada koreksi dari masyarakat perihal penerima BLT. Selama uji publik, memang ada warga yang datang memberikan masukan soal data penerima BLT. Namun setelah dijelaskan merekapun paham dan mengerti, ” urai Regar.

Ia pun berpesan, agar penggunaan dana tersebut dapat memaksimalkan kebutuhan kehidupan setiap hari, tidak disalah gunakan dalam hal berfoya-foya atau hal-hal lain yang tidak bermanfaat bagi kebutuhan hidup.

“Saya harap bantuan ini dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya, serta memberikan manfaat bagi kehidupan kita setiap hari.” imbuhnya.

Adapun penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dandes tahap pertama tahun 2020, disaksikan langsung oleh, Inspektorat Minsel, Kapolsek Tareran, Danramil, Pemerintah Kecamatan Suluun Tareran, Pendamping Kecamatan dan Desa serta BPD Desa Suluun Tiga dengan tetap melaksanakan protap kesehatan. (ferrowaney/*)

About Jhon Paransi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *