Print This Post Print This Post
Home / Advertorial / Usia 55 Tahun Provinsi Sulut, Pengelolaan Kepegawaian dan Manajemen ASN Pemprov Makin Diakui Pemerintah Pusat

Usia 55 Tahun Provinsi Sulut, Pengelolaan Kepegawaian dan Manajemen ASN Pemprov Makin Diakui Pemerintah Pusat

ODSK BAJU ADAT

MANADO, Swarakawanua– Di usia ke-55 tahun Provinsi Sulawesi Utara, bidang kepegawaian dan reformasi birokrasi makin menunjukkan kemajuan. Bahkan Pemerintah Pusat mengakui keberhasilan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dalam manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) hingga pengelolaan kepegawaian yang dibuktikan dengan disandangnya sejumlah predikat terbaik di tingkat nasional.

Di bawah pimpinan Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Sulut Drs Steven Kandouw, serta  koordinasi dan arahan Sekretaris Daerah Provinsi Sulut Edwin Silangen SE MS, inilah Capaian-capaian Kegiatan Strategis Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulawesi Utara
Pengembangan Manajemen ASN Berbasis Meritrokasi (MeritSystem)

Komitmen Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara untuk menerapkan merit system, dimana penempatan PNS berdasarkan kompetensi dan kualifikasi tergambar dalam seremonial pelantikan yang digelar pada Selasa 20 Agustus 2019, di ruang CJ Rantung, kantor Gubernur Sulut.(Foto: dok/bkdsulut)
Komitmen Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara untuk menerapkan merit system, dimana penempatan PNS berdasarkan kompetensi dan kualifikasi tergambar dalam seremonial pelantikan yang digelar pada Selasa 20 Agustus 2019, di ruang CJ Rantung, kantor Gubernur Sulut.(Foto: dok/bkdsulut)

 

Penerapan Sistem Merit dalam Manajemen ASN sebagaimana amanat UU No. 5 Tahun 2014 tentang Manajemen ASN berpedoman pada Peraturan Menteri PAN RB No. 40 Tahun 2018 tentang Pedoman Sistem Merit dalam Manajemen Aparatur Sipil Negara.
Berdasarkan peraturan menteri ini BKD Provinsi Sulawesi Utara pada Tahun 2018 telah merampungkan Road Map Penerapan Penerapan Sistem Merit dalam Manajemen ASN pada Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.
Road Map ini merupakan acuan dalam melakukan perencanaan, implementasi, dan evaluasi penerapan sistem merit dalam Manajemen ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

Seleksi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama

WAGUB LANTIK PEJABAT OK
Untuk mendapatkan Pimpinan Perangkat Daerah ataupun pejabat dalam struktur Pimpinan Tinggi Pratama, BKD Provinsi Sulawesi Utara melakukannya dengan Sistem Seleksi Terbuka sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri SipiL
Mutasi Jabatan Administrator dan Pengawas

Jabatan Administrator dan Jabatan Pengawas merupakan jabatan struktural yang ditempati oleh setiap PNS yang memenuhi syarat. Penempatan PNS pada kedua jabatan ini dilakukan oleh Tim Penilai Kinerja yang diketuai oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara berdasarkan kualifikasi, kompetensi, kinerja dan disiplin.
Kegiatan Pengembangan Sistem Informasi ASN Terintegrasi (SIMPEG dan e-absen terintegrasi dengan e-kinerja)

Pengembangan Aplikasi e-Kinerja yang mengacu pada Peraturan Gubernur No. 72 Tahun 2017 tentang Akuntabilitas Kinerja Pegawai Negeri Sipil melalui e-Kinerja di Lingkungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, telah mulai dilakukan pada Tahun 2018 dengan hasil berupa peningkatan capaian output dan laporan kerja yang terukur dari setiap PNS. Ke depan, akan dirancang penilaian kualitas dari setiap output yang dihasilkan.
Peningkatan Disiplin Pegawai ASN

Sekprov Sulut Edwin Silangen SE MS bersama kepala perangkat daerah Pemerintah Provinsi Sulut pada Pencanangan Bulan Disiplin.(Foto: dok/bkdsulut)
Sekprov Sulut Edwin Silangen SE MS bersama kepala perangkat daerah Pemerintah Provinsi Sulut pada Pencanangan Bulan Disiplin.(Foto: dok/bkdsulut)

Melalui Inspeksi Mendadak dan pembinaan secara terus menerus, telah dapat meningkatkan disiplin PNS dan THL hingga 98 persen. Pembinaan disiplin meliputi kehadiran mengikuti apel, tidak meninggalkan kantor selama jam kerja tanpa alasan, dan disiplin dalam mempergunakan pakaian dinas.

Pengembangan Pendidikan Formal

Selang Tahun 2016 sampai dengan Tahun 2019, sebanyak 28 PN5 telah ditugaskan untuk mengikuti Tugas Belajar Magister dan Doktoral dan sebanyak 108 PNS mendapatkan Ijin Belajar untuk mengikuti Pendidikan Diploma IV/Sarjana, Magister, Doktoral dan Program Pendidikan Dokter Spesialis.
Peningkatan Kompetensi ASN

Peningkatan kompetensi ASN dilakukan melalui pelatihan baik secara klasikal maupun non klasikal. Melalui kegiatan ini sebagian besar PNS Jabatan Pimpinan Tinggi dan beberapa pejabat Administrator yang berprestasi telah mengikuti capacity building di Luar Negeri (Jepang, Belanda, Jerman, Inggris, Amerika Serikat). Selain itu, beberapa PNS juga telah ditugaskan untuk meningkatkan kompetensi teknis berupa pelatihan teknologi informasi komputer di Universitas Katholik De La Salle Manado dan Universitas Indonesia, pelatihan Pengelolaan Keuangan Daerah dan Perpajakan di Politeknik Keuangan Negara, STAN, Kementerian Keuangan, serta mengikuti workshop, seminar, bimbingan teknis, pelatihan teknis lainnya.

 

Penghargaan-penghargaan Tahun 2016-2019

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulut Dr Femmy Suluh MSi, mengatakan, semua penghargaan yang diraih Pemprov Sulut melalui BKD sejak tahun 2016 hingga tahun-tahun berikutnya, adalah wujud komitmen dari Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw. Penghargaan-penghargaan pun diberikan dari Pemerintah Pusat melalui Badan Kepegawaian Nasional (BKN), BKN Regional XI bahkan Komisi ASN (KASN).
BKD Award 2016, Kategori BKD Inovatif Pemerintah Provinsi

Pada tahun 2016, BKD Sulut meraih BKD Award 2016, pada kategori BKD Inovatif Pemerintah Provinsi.

 

AWARD BKD 2016 2017

Anugerah KASN Tahun 2017, Kategori Kepatuhan dan Tata Kelola Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Bagi Instansi Pemerintah

FEMMY SULUH TERIMA PENGHARGAAN 2017
Kinerja Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara di bawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey kembali meraih apresiasi tinggi dari pemerintah pusat. Apresiasi ditandai dengan pemberian penghargaan Anugerah Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Tahun 2017 untuk kategori Kepatuhan dan Tata Kelola Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi bagi Instansi Pemerintah.

PENGHARGAAN KASN 2017
Pemprov Sulut menyabet Penghargaan tersebut sebagai salah satu dari 3 Provinsi terbaik. Penghargaan diserahkan oleh Ketua KASN, Sofyan Effendi kepada Kepala BKD Sulut Dr Femmy Suluh MSi, mewakili Gubernur Sulawesi Utara, Kamis 28 Desember 2017.
Apresiasi ini merupakan bukti nyata Pemprov Sulut menerapkan amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) khususnya dalam manajemen pengisian JPT berbasis sistem merit.
BKD Award 2018, Pengelola Kepegawaian Terbaik Kategori Provinsi

FEMMY SULUH TERIMA PENGHARGAAN 2018

Pemprov Sulut berhasil meraih BKN Award Tahun 2018 Tingkat Nasional kategori Instansi Daerah (Provinsi) Terbaik dalam Pengelolaan Kepegawaian. Penganugerahan tersebut diserahkan oleh Kepala BKN Dr Ir Bima Haria Wibisana MSIS, pada Rakornas Kepegawaian 2018, di International Convention Exhibition BSD Tangerang.
Penghargaan ini diraih Pemprov Sulut atas komitmen yang kuat untuk membangun manajemen kepegawaian yang profesional dan berintegritas.

AWARD BKD 2018 2019

BKN Regional XI Award 2019, Kategori Pengelolaan Manajemen ASN Pemerintah Provinsi

Pemprov Sulut menerima Penghargaan BKN Regional XI Award atas komitmen Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK) dalam mewujudkan pengelolaan kepegawaian yang berintegritas dan profesional.

BKN AWARD 2019

Pemprov Sulut berhasil mengukir prestasi dengan menyabet penghargaan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Regional XI Award 2019 sebagai Provinsi Terbaik Pertama dalam hal pengelolaan manajemen ASN, dan Terbaik Pertama pengawasan dan pengendalian kepegawaian Pemerintah Provinsi.

FEMMY SULUH SAAT MENERIMA BKN AWARD 2019
Penghargaan tersebut diterima langsung Kepala  BKD Sulut Dr Femmy Suluh MSi dari Kakanreg XI BKN Manado, Wakiran, di sela-sela Rakor Percepatan Pelaksanaan Sistem Merit dalam Penyelenggaraan Manajemen ASN di lingkup BKN Regional XI Manado yang dilaksanakan di Yogyakarta, Rabu 26 Juni 2019.(adv)

About Peggy Sampouw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *