Print This Post Print This Post
Home / Berita Utama / Wabup Legi Buka Festival Budaya Ratatotok

Wabup Legi Buka Festival Budaya Ratatotok

20191119_192050_0000MITRA, Swarakawanua-Mewakili Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap SH, Wabup Drs Jocke Legi membuka secara resmi Festival Budaya Ratatotok, dirangkaikan dengan Safari Natal Kecamatan Ratatotok. Bertempat di di Desa Ratatotok Timur, lebih tepatnya Pantai Lakban.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Drs Jocke Legi mengatakan, kemajemu kan penduduk yang ada di Kecamatan Ratatotok. Banyak menyimpan potensi budaya dimana, diratatotok multi etnis. Sehingga, ketika kita kemas dengan sebaiknya akan menjadi aset yang tidak ternilai harganya.

“Membentuk karakter dan budi pekerti masyarakat yang semakin tangguh, segera dapat menjadi moment utama. Pengembangan khususnya industri pariwisata di Minahasa Tenggara,”ujar Wabup.

Maka sebaliknya, apabila pembangunan dibidang kebudayaan kurang mendapat perhatian bagi kita semua. Maka, dikawatirkan budaya yang bernilai tinggi yang sudah kita pupuk sejak berdirinya Ratatotok itu akan luntur. Akibat negatif karena itu, kita tahu bersama dewasa ini dengan leluasa dapat menerobos pintu rumah kita.

“Bahkan kecanggihan teknologi, informasi dan komunikasi. Karena itu pengorbanan dan pengaplekasikan seni dan budaya yang memiliki karakter, merupakan salah satu metode untuk penangkal efektif. Bahkan menjadi filter bagi kita semua,”pungkas Wabup.

Sedangkan Menurut Camat Ratatotok Nortje Wulur S.Pd mengatakan, kegiatan Festival Budaya Ratatotok sekaligus dirangkaikan dengan safari Natal serta memperingati Hut Ke 16 Kecamatan Ratatotok.

“Kegiatan festival budaya Ratatotok sangat tepat dilaksanakan di Ratatotok, dikarenakan begitu banyak suku, agama dan ras bergabung disini menjadi satu. Kiranya dengan kegiatan ini bisa terus menumbuhkan rasa toleransi antar umat beragama,”tutur Camat.

Ditempat yang sama, Ketua Panitia Festival Budaya dan dirangkaikan dengan safari Natal serta Hut ke 16 Kecamatan Ratatotok Ellen Pitoi SH mengatakan, tema dari Festival Budaya Ratatotok yaitu Ratatotok penuh warna, Ratatotok rumah bersama.

“Kegiatan tersebut berlangsung selama seminggu, dari tanggal 18 November sampai tanggal 27 November 2019. Dengan bermacam-macam lomba diantaranya, Lomba Bintang Vocalia, Vocal Grub, semua kegiatan tersebut tidak di punggut biaya,”ungkapnya.

Adapun yang hadir dalam acara tersebut yaitu, Wakil Bupati Drs Jocke Legi, para anggota Dewan, Kadis Pariwisata Mitra Sartje Togan, para mantan Camat Ratatotok, Kabag Humas dan Protokoler Arnold Mokosolang, para Hukum Tua se Kecamatan Ratatotok. (Cia)

About Charles Ruru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *