Print This Post Print This Post
Home / Berita Utama / Wooowww!!! Oknum Anggota DPRD Mitra Diduga Terlibat Ilegal Loging

Wooowww!!! Oknum Anggota DPRD Mitra Diduga Terlibat Ilegal Loging

IMG-20191106-WA0017MITRA, Swarakawanua-Diduga salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), terlibat penebangan liar (Ilegal Logging).

Dimana lewat Dinas Kehutanan Sulut melalui UPTD Resort Pengolahan Mitra berhasil mengamankan aksi ilegal logging di Kompleks Eks Tambang Newmont Minahasa Raya (NMR) yang terletak di Kecamatan Ratatotok.

“Iya..memang Kamis pekan lalu kami telah menganmankan aktivitas ilegal logging yang di lokasi eks NMR Ratatotok,” ungkap Kantor UPTD Kesatuan Pengelolahan Hutan (KPH) Unit 5 melalui Koordinator Resort Pengolahan Mitra Sonny Uguy, Rabu 6 November 2019.

Dengan total kayu yang berhasil kami amankan mencapai 13 kubik lebih. Dengan jenis katu olahan rimba campuran.

“Itu lebih dari 13 kubik dan sudah kami sita di pos kehutanan di Gunung Potong,” katanya.

Disaat ditanyaikan terkait siapa pemilik kayu ilegal ini, Uguy belum bisa memastik an. Dikarenakan, masih dalam tahapan pemeriksaan. Namun dirinya mengaku, ada anak dari oknum anggota DPRD datang usai kayu ilegal tersebut diamankan.

“Kalau tidak salah ada yang datang menghadap merupakan anak dari oknum anggota DPRD. Namun lebih jelas lagi lihat saja di berita acara yang telah kami serahkan ke kantor UPTD KPH 5,” terangnya.

Terungkapnya aksi ilegal logging ini, tak lepas dari peran warga masyarakat. Pihak kami mendapat laporan masuk dari warga, dan kami langsung melakukan peninjauan.

“Awalnya warga yang melapor. Kemudian kami lakukan peninjauan dan mengukur koordinat ternyata penebangan liar sudah masuk di hutan Gunung Surat, atau di lokasi limpoga,” sebut Uguy.

Sementara itu, Rabu 6 November 2019 siang, 13 kubik kayu yang diamankan tersebut sudah disita di pos kehutanan yang berlokasi di Gunung Potong. Namun para petugas yang berada di pos engan menyebutkan kayu tersebut miliki siapa. “Lebih jelasnya tanyakan ke Kantor UPTD KPH 5 yang berlokasi di Tomohon. Karena berita acaranya sudah diserahkan ke situ. Yang pasti itu (kayu) sudah sementara kami sita,” ungkap salah satu petugas John Mamengko.(Cia)

About Charles Ruru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *