Print This Post Print This Post
Home / Berita Utama / Wouw..!!, Putra Minsel Daud Lolong Racik Alat Disinfektan Ultraviolet

Wouw..!!, Putra Minsel Daud Lolong Racik Alat Disinfektan Ultraviolet

IMG-20200418-WA0034

MINSEL, Swarakawanua.com – Inovasi Putra Minahasa Selatan Daud Lolong patut diacungi jempol. Daud dikenal keseharian sebagai teknisi elektronik, ternyata mampu membuat alat Disinfektan Ultraviolet.

Hasil racikan Daud ini telah diuji coba di Balai Laboratorium Kesehatan Daerah Provinsi Sulawesi Utara dengan hasil signifikan.

Saat ditemui wartawan media di rumahnya Kelurahan Ranomea Kecamatan Amurang Timur, dengan nada merendah Daud berucap bahwa apa yang dikembangkannya saat ini adalah sebuah Alat Disinfektan yang menggunakan sistem UV atau Ultraviolet.

“Ya, alat ini sudah dibuktikan dapat membunuh virus, “kata Daud.

IMG-20200418-WA0033

Dia menjelaskan lebih detail, bahwa sistem UV yang digunakan dengan panjang gelombang tertentu, dapat merusak RNA virus, sehingga virus mati atau tidak bisa berkembang biak. Bahkan, jika mengacu pada anjuran WHO alat ini harus digunakan sesuai protokol atau tatacara penggunaan yang tepat.

“Jadi dari pengembangan sistem UV dengan ukuran panjang gelombang tertentu, mampu merusak RNA virus dan bisa mematikan virus, asalkan dilakukan sesuai tatacara penggunaan dengan dosis yang tepat dan mengacu pada anjuran WHO, “jelas Daud.

“Jadi, antisipasi penyebaran wabah covid-19 sebelumnya telah dilakukan kajian Literatur oleh para ahli berkaitan dengan cara untuk meredam wabah tersebut, sehingga tercipta sebuah alat sederhana untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini, “ucapnya.

Ia menambahkan, meskipun belum ada penelitian melihat UV mempengaruhi covid19 secara khusus, namun metode ini telah digunakan untuk melawan virus SARS dan MERS yang merupakan saudara COVID19 dengan hasil yang signifikan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa Selatan dr. Erwin Schouten, ketika dikonfirmasi terkait alat tersebut, spontan langsung memberi respon positif sekaligus apresiasi atas inovasi yang dilakukan oleh Daud Lolong dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

Namun menurut Schouten, penggunaan alat tersebut hanya bisa dilakukan untuk benda mati, karena memang menggunakan sinar UV (Ultra Violet).

“Jadi, memang sinar UV sudah diakui mampu melakukan sterilisasi. Atas inovasi yang dibuat oleh putra Minsel ini, memang patut diberi apresiasi. Namun sesuai penelitian sinar UV hanya untuk benda mati. Belum ada penelitian yang menyebut bisa digunakan secara langsung terlebih pada manusia.” tutup Schouten. (ferrowaney/*)

About Jhon Paransi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *