Print This Post Print This Post
Home / Advertorial / Kawal Tradisi Pererat Kerukunan, ODSK Silaturahmi di Idul Fitri 1440 H

Kawal Tradisi Pererat Kerukunan, ODSK Silaturahmi di Idul Fitri 1440 H

Gubernur Sulut Olly Dondokambey bersama Ketua TP PKK Sulut Rita Dondokambey-Tamuntuan saat bersilaturahmi dengan keluarga Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri.(Foto: dok/hms)
Gubernur Sulut Olly Dondokambey bersama Ketua TP PKK Sulut Rita Dondokambey-Tamuntuan saat bersilaturahmi dengan keluarga Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri.(Foto: dok/hms)

 

MANADO, Swarakawanua– Pemimpin Sulut, Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw (ODSK), dalam memimpin Sulut senantiasa mengawal kerukunan antar umat beragama yang telah terjalin selama ini. Keduanya juga tak henti mengajak warga Sulut untuk terus memelihara kerukunan di tengah perbedaan yang ada.
Hal ini pun dibuktikan melalui silaturahmi yang dilakukan ODSK di Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.
Gubernur Olly Dondokambey bersama istri tercinta, yang juga Ketua TP PKK Sulut, Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan bersilaturahmi ke kediaman Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri, di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, pada Rabu 5 Juni 2019 siang.
Saat itu keduanya disambut langsung Megawati dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia (Menko PMK) Puan Maharani.

 

Gubernur Olly Dondokambey bersama sejumlah menteri di kediaman Megawati Soekarnoputri.(Foto: dok/hms)
Gubernur Olly Dondokambey bersama sejumlah menteri di kediaman Megawati Soekarnoputri.(Foto: dok/hms)

 

Setelah bersalaman dengan Megawati dan Puan, baik Gubernur serta Ibu Rita bersalaman juga dengan para tamu yang berada maupun kebetulan hendak pulang dari kediaman Megawati. Mereka yang terlihat datang di antaranya Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Hamonangan Laoly, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu dan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mochamad Basoeki Hadimoeljono, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan hingga sejumlah kepala daerah lainnya.
Pertemuan berlangsung penuh kekeluargaan. Gubernur Olly beserta tamu lainnya turut menikmati hidangan khas Lebaran yang telah disajikan Megawati saat gelaran Open House.

Wagub di rumah Tatong Bara

Wagub dan rombongan saat bersilaturahmi dengan Walikota Kotamobagu Tatong Bara di rumah dinasnya, dilanjutkan ke kediaman Bupati Bolaang Mongondow Yasti Soepredjo, Rabu 5 Juni 2019.(Foto: dok/hms)
Wagub dan rombongan saat bersilaturahmi dengan Walikota Kotamobagu Tatong Bara di rumah dinasnya, dilanjutkan ke kediaman
Bupati Bolaang Mongondow Yasti Soepredjo, Rabu 5 Juni 2019.(Foto: dok/hms)

 

Sementara itu, Wagub didampingi istri, Kartika Devi Kandouw-Tanos, beserta jajaran pejabat eselon II Pemprov, melakukan Safari Lebaran di Bolmong Raya.
Rombongan tampak mengunjungi Walikota Kotamobagu Tatong Bara di rumah dinasnya, kemudian menyambangi rumah Wakil Walikota Kotamobagu Nayodo Koerniawan, dilanjutkan dengan kunjungan ke rumah Bupati Bolaang Mongondow Yasti Soepredjo Mokoagow dan kediaman Asisten II Pemprov Sulut Rudi Mokoginta.
Selepas itu, Wagub pun bersilaturahmi dengan saudara dan kerabatnya di Kota Kotamobagu.

 

IWagub di rmh Nayodo

Wagub juga mengunjungi rumah Wakil Walikota Kotamobagu Nayodo Koerniawan, dan kediaman Asisten II Pemprov Sulut Rudi Mokoginta.(Foto: dok/hms)
Wagub juga mengunjungi rumah Wakil Walikota Kotamobagu Nayodo Koerniawan, dan kediaman Asisten II Pemprov Sulut Rudi Mokoginta.(Foto: dok/hms)

 

Di sela-sela Safari Lebaran, Wagub mengajak masyarakat menjadikan Idul Fitri 1440 Hijriah ini menjadi momentum untuk memperkuat Sulut sebagai laboratorium kerukunan di Indonesia. “Hari kemenangan ini bukan hanya umat Muslim saja tapi semua masyarakat Sulawesi Utara dan sebagai wujud implementasi Provinsi Sulut paling toleransi. Mari kita laksanakan itu. Di momentum ini biarlah kita semakin baku-baku bae dan baku sayang,” kuncinya.

 

Wagub Steven Kandouw menghadiri Salat Id dan berbaur bersama umat Muslim di Mesjid Raya Ahmad Yani Manado.(Foto: dok/hms)
Wagub Steven Kandouw menghadiri Salat Id dan berbaur bersama umat Muslim di Mesjid Raya Ahmad Yani Manado.(Foto: dok/hms)

 

Sebelum itu, Wagub menghadiri Salat Id dan berbaur bersama umat Muslim di Mesjid Raya Ahmad Yani Manado. Saat kesempatan sambutan, Wagub Kandouw menyampaikan selamat merayakan Idul Fitri 1440 Hijriah kepada seluruh masyarakat Sulut. “Atas nama Bapak Gubernur, atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, saya mengucapkan selamat Idul Fitri. Mohon maaf lahir dan batin. Semoga amal ibadah kita selama satu bulan, lebih sempurna lagi,” ujarnya.
Dikatakannya, ibadah puasa yang dijalani umat Muslim selama satu bulan telah diakhiri dengan kesempurnaan di Hari Raya Idul Fitri. Ditambahkannya, Idul Fitri ini kian dimaknai sebagai perkuat iman umat Muslim. “Perayaan Idul Fitri yang kita rayakan hari ini merupakan hari kemenangan bagi umat Muslim melawan hawa nafsu setelah berpuasa selama 30 hari lamanya,” katanya.
Wagub pun meminta seluruh masyarakat melalui momentum Idul Fitri dapat saling memaafkan satu sama lain. Semua pihak diajak untuk selalu bekerja sama mendukung pembangunan Bumi Nyiur Melambai. “Marilah di hari yang mulia ini kita saling maaf-memaafkan satu sama lain, atas segala kesalahan dan kekhilafan kita. Semoga Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang akan senantiasa memberikan bimbingan dan petunjuknya kepada kita sekalian untuk membangun daerah dan bangsa tercinta ini,” tuturnya.
Usai Salat Id Wagub menyalami langsung para jemaah sambil mengucapkan Selamat Idul Fitri.(adv)

 

About Peggy Sampouw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *