110 Peserta Ikuti Pembinaan Akutansi, Pelaporan dan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2022

oleh -1669 Dilihat

Minut, Swarakawanua.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Utara (Minut) Novly Wowiling, resmi membuka, Pembinaan Akutansi, Pelaporan dan Pertangungjawaban Pelaksanaan APBD tahun anggaran 2022.

Giat dilaksanakan selama tiga hari di Hotel The Centra, Jalan Ir Soekarno, Maumbi, Minut, Selasa 10 Januari 2023.

Dikatakan Plt Kaban Keuangan Carla Sigarlaki, pada giat ini di ikuti 110 peserta yang berasal dari 41 SKPD termasuk didalamnya Puskesmas dan bagian-bagian pada sekretariat daerah.

“Analis atau Kasubag keuangan berjumlah 41 orang, bendahara pengeluaran 62 orang, bendahara penerimaan 7 orang saat ini, hadir juga para kepala OPD ataupun yang mewakili,” beber Carla.

Menurutnya, giat ini dilaksanakan dalam rangka mematangkan dan menambah wawasan pengelolahan keuangan dan singkronisasi pembuatan kertas kerja dalam penyusunan laporan keuangan pada aplikasi Financial Management Information System (FMIS).

Selain operator serta panitia pelaksana, lanjut Carla, kegiatan ini dihadiri oleh narasumber yang berasal dari instansi berkompeten yakni BPKP Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara.

Carla berharap, melalui kegiatan ini, para pegawai mampu meningkatkan kompetensi kualitas laporan keuangan.

 

“Melalui pembinaan akuntasi ini, pegawai harus bisa memahami dan mampu menyusun laporan keuangan SKPD, agar supaya penyusunan laporan keuangan SKPD dapat selesai tepat waktu,” ujarnya.

Lanjut Carla, selain tepat waktu, penyusunan laporan keuangan SKPD harus sesuai dengan penginputan pada aplikasi FMIS dan tersediannya kertas-kertas laporan kerja penyusunan keuangan SKPD.

Sementara, Sekda Minut Novly Wowiling mengatakan, target penilaian keuangan yang mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian harus dipertahankan untuk pengelolahan tahun anggaran 2022 yang terlapor pada bulan Januari 2023.

“Peningkatan kualitas pelaporan keuangan sehingga apa yang sudah dicapai dalam pelaksanaan program dan kegiatan yang sudah dinilai oleh BPK dengan mendapat opini wajar tanpa pengecualian atau WTP,” kata Wowiling.

Hal ini lanjut Wowiling, bisa kita capai ulang pada Tahun 2022 melalui penilaian yang akan dilaksanakan secara berjenjang termasuk secara khusus oleh BPK.

Ia juga mengapresiasi BPKP perwakilan Sulut dan jajaran yang sudah memberikan dukungan bagi Pemkab Minut.

“Kegiatan hari ini istimewa, sebab dihadiri langsung Kepala BPKP, tentu ini akan bermuara pada tujuan yakni terjadi peningkatan kualitas pelaporan,” ungkapnya.

Lanjut Wowling, pada akhirnya tentu akan berdampak pada penilaian BPK yang akan dilaksanakan pada waktu yang dekat. (MJS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.