14 Orang Ikut Magang Penyuluhan, Lalamentik: Magang Untuk Peningkatan Kapasitas Kelembagaan

oleh -419 Dilihat
Asisten Dua Drs Rum Usulu, Kabid Paula saat foto bersama
Asisten Dua Drs Rum Usulu, Kabid Paula saat foto bersama
Asisten Dua Drs Rum Usulu, Kabid Paula saat foto bersama

Manado,swarakawanua.com-Magang merupakan salah satu metode penyuluhan pertanian, perikanan dan kelautan, yang lebih konfrehensif dalam meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan bagi penyuluh PNS dalam menjalankan tugas di wilayahnya masing masing.

Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Kota Manado, Esther Lumingkewas, SE melalui Kepala Bidang Kelembagaan dan Pemberdayaan Punyuluhan, Paula Lalamentik, S.Sos, Aj,Ak saat dikonfirmasi mengenai magang tersebut mengatakan, tujuan dilaksanakan magang ini untuk peningkatan kapasitas kelembagaan penyuluhan pertanian, perikanan dan kehutanan.

“Dalam menghadapi perubahan lingkungan strategis yang lebih besar dimasa mendatang, penyelenggaraan penyuluhan pertanian, perikanan dan kehutanan, masyarakat dan pelaku agribisnis, sudah saatnya mereposisi diri bersama-sama menata kembali system penyuluhan sesuai dengan perubahan dan tantangan tersebut,”ujar Kabid yang murah senyum ini.

12312130_1241109182570927_270588484_n

Menurut kabid,upaya untuk mereposisi diri ini pada dasarnya merupakan upaya pengembangan penyuluhan yang dilakukan untuk merevitalisasi (mendudukkan memerankan dan memfungsikan serta menata kembali penyuluhan agar dapat diselenggarakan lebih produktif, efektif dan efisien).

“Kegiatan penyuluhan adalah proses pembelajaran bagi pelaku utama dan pelaku usaha agar mereka mampu menolong dan mengorganisasikan dirinya dalam mengakses informasi pasar, teknologi, permodalan dan teknologi lainnya sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi usaha, pendapatan dan kesejahteraanya. Penyuluh Pertanian, perikanan dan kehutanan memiliki kedudukan yang sangat strategis dalam pembangunan dibidangnya masing- masing, khususnya dalam pengembangan kualitas pelaku utama dan pelaku usaha,”kata kabid yang sangat enerjik.

Oleh karena itu lanjut Lalamentik, diperlukan peningkatan kapasitas kualitas SDM penyuluh pertanian yaitu melalui kegiatan pelatihan dan pembelajaran terus menerus salah satunya adalah kegiatan magang bagi penyuluh.

Peserta yang mengikuti magang tersebut berjumlah 14 orang dan turut didampingi oleh Asisten Dua yang Membidangi Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Drs. Hi Rum Usulu. Kegiatan magang ini mengambil tempat di dua daerah yaitu di Kota Denpasar dan Kota Jakarta Selatan.(yan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.