21 UMKM Ikut Bergabung Dalam Program JKN-KU BPJS Kesehatan Cabang Manado

oleh -1065 Dilihat
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Manado dr Merytha Rondonuwu.(Foto: peggy)
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Manado dr Merytha Rondonuwu.(Foto: peggy)

 

MANADO, Swarakawanua.com– Terobosan. Badan Pengelola Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS-Kes) Kantor Cabang Manado di era pandemi Covid-19 menunjukkan hasil positif.

Program JKN-KU sejak dimulai pada awal 2021 ini, makin menarik minat usaha mikro, kecil, dan menengan (UMKM) untuk bergabung. Buktinya, dari sebelumnya baru 14 UMKM yang bergabung, di penghujung 2021 ini, sudah 21 UMKM yang terdaftar.

Progress menggembirakan ini disampaikan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Manado, dr Merytha Rondonuwu, saat diwawancara wartawan pada Media Gathering yang digelar Senin 13 Desember 2021. “Program JKNKU kantor Cabang Manado sudah ada 21 UMKM yang ikut serta memberikan reward menarik bagi peserta JKN yang kartunya aktif lewat aplikasi Mobile JKN,” ungkapnya..

Dengan adanya program ini, jelasnya, akan mendorong peserta JKN lain yang tidak aktif untuk mau juga membayar iuran JKNnya. “Alasan orang tidak aktif salah satunya karena merasa tidak sakit. Harapannya dengan melihat ternyata ada program-program bagi orang yang sehat Jadi ada program perawatan di klinik, ada staycation atau liburan di hotel, dan ada program diskon di UMKM. Di pihak lain, lanjutnya, juga mendorong UMKM untuk bisa bergerak setelah pandemi Covid-19. “Kalau lihat semua UMKM yang kerjasama kita sudah pasang banner dan ada tempat scan juga biar kelihatan bahwa ini peserta dengan mobile JKN yang aktif,” sambungnya.

Saat ini, dari sekitar 400 ribu peserta JKN di Manado, yang sudah memanfaatkan program ini baru 10 persen atau sekitar 40 ribu. “Karena itu kami mengajak peserta JKN yang aktif dan menggunakan aplikasi Mobile JKN untuk memanfaatkan program ini. Karena manfaatnya bukan hanya ketika sakit lalu ke rumah sakit baru. Melainkan sudah bisa dimanfaatkan kalau mau makan atau mau liburan walaupun masih terbatas beberapa hotel tertentu saja yang memasang banner JKN-KU,” imbuh wanita enerjik ini.

Selanjutnya, program ini juga untuk membantu UMKM di masa pandemo ini. “Awalnya karena kami melihat di masa pamdemi ini banyak yang kemudian usahanya tidak terlalu ramai. Ini juga dalam meningkatkan kunjungan orang ke usaha-usaha kecil. Jadi ada hubungan simbiosis mutualisme,” jelas dr Merytha didampingi Kepala Bidang Sumber Daya Manusia, Umum dan Komunikasi Publik (SDMUKP), Gladies Eman.

BPJS Kesehatan Cabang Manado, lanjutnya, bekerja sama dengan Pemkot Manado terkait pemberdayaan UMKM ini. “Kita pasang banner-banner bersama dengan Pemkot Manado karena kami juga membantu masyarakat dengan usaha-usaha kecil,” imbuhnya dengan menambahkan, yang paling banyak dicari adalah UMKM yang menjual makanan-makanan.(gyp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.