5 Bakal Calon Sekprov Ikuti Tes Penulisan Makalah, Tema Diberikan Saat Tes Dimulai, Pakai Komputer Tanpa Internet

oleh -2571 Dilihat
Para bakal calon Sekprov Sulut yang ikut tes penulisan makalah, Jumat 26 Agustus 2022.(Foto: ist)
Para bakal calon Sekprov Sulut yang ikut tes penulisan makalah, Jumat 26 Agustus 2022.(Foto: ist)

 

MANADO, Swarakawanua.com– Lima orang peserta seleksi terbuka Calon Sekretaris Daerah Provinsi telah mengikuti tes penulisan makalah yang dilaksanakan di Aula Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulawesi Utara pada hari Jumat 26 Agustus 2022.

Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Sulut Dr. Praseno Hadi, Ak, MM, berkenan membuka sampul naskah yang berisikan outline makalah. Tema yang diangkat adalah Optimalisasi Peran Sekretaris Daerah Dalam Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik dan Bersih serta Berorientasi Pelayanan Dalam Rangka Mengejawantahkan Visi/Misi Kepala Daerah. “Setiap peserta diberikan kebebasan menentukan sendiri judul makalah yang akan ditulis yang dikaitkan dengan tema yang telah diberikan oleh Panitia Seleksi,” ujar Penjabat Sekretaris Daerah.

Pada kesempatan yang sama juga, Ketua Pansel Dr Drs A. Fatoni M.Si dalam sambutannya mengatakan, salah satu unsur yang dinilai dalam penulisan makalah ini adalah ketajaman analisis setiap peserta dalam mengelola dan menyelesaikan masalah yang sedang dan akan ditemui dalam jabatannya sebagai seorang sekretaris daerah nantinya. Penyelesaian masalah tersebut tentu berkaitan erat dengan program prioritas dari setiap peserta serta inovasi-inovasi yang nantinya akan diimplementasikan.

Sebagai top manager dalam pemerintahan, seorang sekprov diharapkan mampu menjadi seorang leader bagi rekan sekerjanya, seorang dinamisator atau penyeimbang hubungan dengan mitra kerja Provinsi Sulawesi Utara baik instansi vertikal, legislatif maupun yudikatif. “Untuk itulah, melalui penulisan makalah ini, kami berharap setiap peserta dapat memunculkan ide-ide kreatif, mampu menilai dan solutif terhadap berbagai isu-isu strategis yang berkembang sekarang ini,” ujarnya.

Ia pun berpesan agar para bakal calon Sekprov bisa memberikan sumbangsih terbaik bagi daerah Sulawesi Utara melalui kerja nyata.
Adapun penulisan makalah berlangsung selama 120 menit atau 2 jam. Dan yang menegangkan adalah, tema diberikan pada saat tes dimulai. Mereka pun bekerja menggunakan komputer tanpa internet.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.