Adriana Dondokambey : Pengembangan SDM Sangat Penting Tunjang Destinasi Desa Wisata

oleh -672 Dilihat

Minut, Swarakawanua.com – Setiap daerah pasti memiliki cerita rakyat atau legendanya masing-masing.

Termasuk telaga Tumatenden yang ada di Kelurahan Airmadidi Bawah, Airmadidi, Minahasa Utara (Minut).

Senin 15 Mei 2023, anggota Komisi X DPR RI, Adriana Dondokambey kolaborasi bersama Kemenparekraf dan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara, menggelar Forum Penguatan Jejaring Tata Kelola Destinasi Desa Wisata.

Dikatakan Adriana, pemerintah pusat dalam hal ini Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terus menggenjot pertumbuhan destinasi wisata di Minut.

“Di Minut banyak sekali desa-desa yang memiliki kisah cerita rakyat, salah satunya Tumatenden,” kata Adriana.

Adriana mengagumi Tumatenden, menurutnya, Tumatenden termasuk salah satu objek wisata unggulan yang sangat kental dengan adat dan budaya.

Selain itu menurutnya, lokasi objek wisata Tumatenden sangat strategis.

“Tumatenden menjadi salah satu penyangga destinasi wisata Likupang, semua serba dekat, akses jalan bagus,” tutur Adriana.

Ia berharap, baik pemerintah maupun masyarakat dapat bersama-sama mengembangkan kuantitas dan kualitas dari destinasi desa wisata.

Katanya, dalam menunjang destinasi desa wisata harus ada pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Sewaktu reses di Liktim kami membahas kesiapan Indonesia khsusnya di Minut, tentang pengembangan SDM. Bagaimana caranya kita bisa memberikan pembelejaran untuk mengikuti bimbingan teknis kepada mereka, agar mampu mengawal turis atau guide, maupun pelaku usaha ekonomi kreatif dengan berbahasa ingrris,” terangnya.

Ia berharap, Pemerintah Desa, Kecamatan, mampu untuk mengembangkan destinasi wisata itu sendiri.

“Dengan adanya destinasi desa wisata, hal ini mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Saya berharap, Airmadidi bawah bisa meraih prestasi dengan Tumatenden,” harap Adriana.

Turut Hadir, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Henry Kaitjily, Kepala Dinas Pariwisata Minut Femmy Pangkerego, Tim Kemenparekraf. (MJS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.