Adu Kepiawaian, 10 Desa Kecamatan Ratim Lomba Tari Maengket

oleh -223 Dilihat

20191130_122600_0000MITRA, Swarakawanua– Kepiawaian dari para ibu-ibu tim pengerak PKK di 10 Desa yang ada di Kecamatan Ratahan Timur (Ratim), dalam mengikuti lomba tari maengket sungguh sangat lihai.

Kegiatan Lomba Tari Maengket sendiri digelar di Aula Kantor Hukum Tua Desa Pangu Induk, Jumat 29 November 2019. Dengan tujuan, menggali minat dan bakat dan juga bisa melestarikan budaya yang ada di Kecamatan Ratahan Timur Khususnya dalam bahasa Pasan.

“Saya berharap dengan kegiatan ini, akan mendorong generasi mudah agar untuk semakin meningkatkan lagi budaya yang ada di Minahasa Tenggara khususnya di Ratim sendiri. Lewat melestarikan budaya yang ada, tetapi juga menggali minat dan bakat dari generasi mudah yang ada di Ratim,”ujar Wakil Ketua Tim penggerak PPK Kabupaten Mitra Dolfini Mawu mewakili Ketua PKK Mitra Djein Rende.

Kami sangat mengapreasi kegiatan Lomba Maengket yang di laksanakan tim pengerak PKK Kecamatan Ratim, dimana dalam kegiatan lomba saat ini. Bukan saja di ikuti para warga masyarakat lokal, namun diikuti oleh warga .

“Ternyata kegiatan lomba maengket saat ini ada juga yang berasal dari NTT, itu berarti, mereka yang dari luar berusaha juga menghafal bahasa pasan. Apa juga kita yang notabenya Warga Asli Minahasa Tenggara, kiranya ini menjadi dorongan bagi masyarakat Mitra,”pungkas Rondonuwu yang ditemani Ketua PKK Kecamatan Ratahan Timur Dolfini Mawu.

Ditempat yang sama, Camat Ratahan Timur Deky Siwi mengatakan, kegiatan ini bisa menjadi contoh kepada generasi muda yang menonton. Agar bisa mengun dang daya tarik untuk belajar kembali budaya yang ada di daerah kita ini.

“Itu yang menjadi tujuan dilaksanakan kegiatan ini. Diharapkan bisa menjadi magnet bagi generasi penerus. Untuk menjaga budaya dan melestarikan tarian daerah beserta bahasa Pasan yang mulai hilang di generasi saat ini,” jelas Deky Siwi. (Cia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.