Aktivitas Gunung Soputan Level II Waspada, Juliana Rumambi: Status Sudah Lama 

oleh -361 Dilihat

MITRA, Swarakawanua.com– Beredar kabar di media sosial terkait aktivitas Gunung Soputan, bertempat di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) berstatus level II Waspada.

Dimana kabar tersebut beredar luas, sehingga membuat sebagian besar warga masyarakat menjadi panik.

Disaat di hubungi Media Swarakawanua.com lewat Pesan singkat Whatsapp kepada kepala Balai Pemantauan Gunung Api dan Mitigasi Bencana Gerakan Tanah Sulawesi dan Maluku, Juliana D.J Rumambi, ST mengatakan, untuk status gunung api Soputan berada di level II (Waspada itu sudah sejak lama berlaku.

“Sudah lama itu, bukan baru sekarang ini, ditetapkan status level II Waspada sudah dari tanggal 8 Oktober 20219,” ucapnya, Kamis 2 May 2024.

Adapun beberapa spekulasi beranggapan, akibat erupsi Gunung Ruang di Kepulauan Sitaro berpengaruh pada aktivitas gunung Soputan.

“Terkait erupsi Gunung Ruang di Kepulauan Sitaro, tidak pengaruh pada gunung api lainnya. Karena setiap gunung api punya karakteristik masing-masing,” pungkasnya.

Ia juga menjelaskan terkait beredarnya terkait foto dan video gunung api Soputan yang mengeluarkan asap erupsi. Itu tidak ada, memang sekitaran gunung ada kabut, tapi bukan erupsi.

“Karena itu, saya menghimbau seluruh warga masyarakat tidak mudah termakan dengan berita hoax. Saat ini, tidak ada aktivitas yang signifikan dari Gunung Api Soputan, masih normal seperti biasa,”ujarnya.

Meski demikian, ada beberapa himbauan disampaikan kepada masyarakat, terutama para pendaki dan wisatawan agar tidak beraktivitas dalam radius 1.5 kilometer dari puncak gunung Soputan. (CIA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.