Anggota DKPP RI Kunjungi Kantor Bawaslu Sulut, Ardilles: Kunjungan Ini Mendorong Jajaran Penyelenggara Pemilu Bekerja Profesional

oleh -148 Dilihat

Manado,Swarakawanua.com-Bawaslu Sulut terima kunjungan anggota dari Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Muhammad Tio Aliansyah di Command Center Bawaslu Sulut, Rabu (10/7-2024)

Kedatangan ini disambut oleh Ketua Bawaslu Sulut Ardiles Mewoh. Dikesempatan itu pun Tio memberikan apresiasi kepada jajaran Bawaslu dan KPU di Sulut yang melakukan kerja penyelenggara dan pengawasan sesuai aturan. 

Sementara Tio mengatakan pihaknya memberi apresiasi karena Bawaslu bekerja sesuai dengan koridor aturan. 

“Kami mengapresiasi karena Bawaslu dan KPU tegakkan aturan. Salah satu indikatornya, melakukan pembatalan caleg terpilih yang tak memenuhi syarat setelah penetapan,” ujarnya.

Secara khusus, Tio memberi kredit poin kepada Bawaslu Tomohon yang memulai proses sehingga bermuara pada pembatalan. Katanya, proses pembatalan itu bisa berjalan karena ada sinergitas antara Bawaslu dan KPU. 

“Bisa dibayangkan jika Bawaslu tidak bekerja melakukannya kerja pengawasan. Legitimasi dan kualitas pemilu dipertanyakan,” kata Tio. 

Tio juga mengingatkan jajaran Bawaslu Sulut bekerja secara profesional. “Jaga integritas dan moral,” katanya. 

Ia juga menambahkan kerja Bawaslu dan KPU di Pilkada 2024 akan lebih berat karena potensi konfliknya lebih kompleks. 

“Kalau pemilu pilpres dan pileg, relatif kurang. Konfliknya ada tapi sudah kita lalui, syukur aman lancar,” jelasnya. 

Adapun ia menyentil aturan baru UU Pilkada terkait proses verifikasi calon kepala daerah tidak sepenuhnya dilakukan KPU. 

“Sejak ada UU Pilkada, acuannya tidak lagi UU 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah. Implementasinya, verifikasi formil calon, ijazahnya, dokumen terkait lain-lain bukan KPU, nah ini potensi konflik,” tambahnya.

Selain itu, Pilkada Serentak memiliki potensi konflik sosial yang tinggi. “Karena itu, Bawaslu dan KPU wajib bekerja ikut aturan,” terangnya.

Sementara itu, Ardilles Mewoh mengatakan, kehadiran DKPP di Manado mendorong jajaran penyelenggara pemilu bekerja profesional. “Tentu banyak pesan dan ilmu yang jadi bekal bagi kita untuk melakukan kerja pengawasan,” ujar Ardilles.

Turut mendampingi anggota DKPP RI Tio Aliansyah yakni Ketua Bawaslu Sulut, Ardilles Mewoh dan anggota, Erwin Sumampow, dan sejumlah Komisioner Bawaslu Kabupaten/Kota se-Sulut dan  171 Panwas Kecamatan di 15 kabupaten/kota di Sulawesi Utara. (*/FT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.