Bawaslu Mitra Gelar Sosialisasi Pengawas Pemilu Partiipatif Tahun 2024 

oleh -375 Dilihat

MITRA, Swarakawanua.com– Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) menyambut Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, terus perketat pengawas dengan me laksanakan agenda resmi Sosialisasi Pengawasan Partisipatif pada Pemilu nantinya. Bertempat di Green Garden, Kelurahan Nataan, Kecamatan Ratahan, Selasa 6 September 2023.

Adapun kegiatan tersebut dihadiri oleh, Anggota Bawaslu Provinsi Sulut Erwin Sumampouw, Ketua Bawaslu Kabupaten Mitra Jobie Longkutoy, organisasi kepemudaan, dan insan pers.

Menurut Sumampouw, kegiatan ini untuk menyongsong Pemilu 2024 yang dilaksanakan Bawaslu berkoordinasi dan kerja sama dengan mitra-mitra strategis dalam rangka pengawasan partisipatif.

” Hal ini menjamin agar pemilu berjalan sesuai dengan ketentuan dan asas pemilu, diperlukan suatu pengawalan terhadap jalannya setiap tahapan pemilu,” tukasnya.

Dia berharap peserta nantinya juga berperan dalam pengawasan pelanggaran Pemilu jika terjadi dugaan pelanggaran, baik langsung atau melalui media sosial.

“Kegiatan ini merupakan bentuk upaya dari Bawaslu Mitra untuk mengajak peserta bersama-sama mengawasi seluruh proses tahapan Pemilu 2024,” paparnya.

Jobie Longkutoy Ketua Bawaslu Mitra menambahkan, sebagai pemilih pemula dijamin untuk dapat berpartisipasi dalam pemilihan umum tanpa adanya diskriminasi baik secara politik maupun suku, ras, agama dan antar golongan.

“Maka itu pengawasan partisipatif sangat penting dan merupakan wadah kolaborasi antara Bawaslu dengan masyarakat dalam meningkatkan fungsi pencegahan dan pengawasan, dengan tujuan agar masyarakat sadar akan pentingnya menjaga perilaku yang dapat merusak sendi-sendi demokrasi, sehingga mampu mendorong Pemilu yang berkualitas dan bermartabat,” tandasnya.(CIA)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.