Berikan Rasa Aman Pelaksanaan Nataru, Polres Mitra Gelar Operasi Lilin Samrat 2022

oleh -608 Dilihat

MITRA, Swarakawanua.com– Jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun 2022, Polres Minahasa Tenggara (Mitra) gelar apel oper asi terpusat Lilin Samrat tahun 2022. Bertempat di halaman kantor DPRD Mitra, Kamis 22 Desember 2022.

Arahan Kapolri Jendral Polisi Drs. Listyo Si git Prabowo, MSi, yang dibacakan oleh Kapolres Mitra AKBP Feri R Sitorus, S.IK.,M.H mengatakan, apel gelar pasukan operasi lilin ta hun 2022 merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personil maupun saran prasarana.

“Dengan demikian, diharapkan dalam pengamanan dapat terselenggara secara optimal dan sinergi. Sehingga perayaan Natal 2022 dan tahun baru 2023 (Nataru) bisa berjalan dengan kondusif,” ujar Kapolres.

Lebih lanjut dikatakan Sitorus, momentum Nataru selalu ditunggu-tunggu masyarakat Indonesia di setiap penghujung tahun deng an melaksanakan berbagai kegiatan, sehingga tentunya akan berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat.

“Sebab itu, polisi dengan dukungan TNI, K/L, Pemerintah Daerah. Mitra Kamtibmas serta stakeholder terkait menggelar operasi kepolisian terpusat dengan sandi operasi lilin 2022 selama 11 hari. Dimulai dari tanggal  23 Desember sampai dengan 2 Januari 2023. Serta dilanjutkan dengan KRYD mulai 3 Januari sampai 9 Januari 2023,” ungkap Kapolres

Adapun operasi Lilin 2022 terdiri dari total 166.322 personel gabungan yang ditempatkan pada 1.845 pos pengamanan, 695 pos pelayanan dan pos terpadu, guna mengamankan 52.636 objek pengamanan.

“Dalam pengamanan Nataru, agar masyara kat merasa nyaman dan aman sebagaimana perintah Presiden Joko Widodo. Saya minta persiapan seluruh sektor dan stakeholder dalam mengantisipasi gangguan dan masa lah saat Natal dan tahun baru betul-betul disiapkan, agar masyarakat merasa nyaman dan aman juga,” tutur Kapolres.

Ditambahkannya, terkait dengan kejahatan konvesional. Berdasarkan Anev tahun 2021, kejahatan paling tinggi terjadi pada bulan Desember yang didominasi oleh kejahatan konvensional.

“Ancaman terorisme juga menjadi potensi gangguan serius. Disini Perlu saya tekankan bahwa, aksi di Polsek Astana Anyar tidak boleh terjadi. Maka kedepankan deteksi dini dan preventive strike guna mencegah aksi- aksi terorisme,” tuturnya.

Diakhir sambutan Kapolri yang dibacakan Kapolres berpesan, jadilah pengamanan Nataru sebagai sebuah kebangaan. Karena itu, laksanakan tugas dengan rasa penuh tanggung jawab, profesional, humanis, dan pahami tugas maupun fungsinya masing- masing sesuai rencana operasi dengan mengedepankan langkah prediktif serta deteksi dini.

“Saya juga berpesan agar rekan-rekan senantiasa menjaga kesehatan dan terus meningkatkan keimanan, serta ketakwaan Tuhan Yang Maha Esa, serta niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah. Saya ingin mengucapkan Selamat Natal tahun 2022, dan Selamat Tahun Baru tahun 2023,” tutup Kapolres. (CIA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.