Bersinergi Dengan UMKM Indy, Polimdo Jurusan Akuntansi Melaksanakan Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat

oleh -331 Dilihat

Manado,Swarakawanua.com-Politeknik Negeri Manado Jurusan Akuntansi melakukan salah satu kegiatan Tri Darma yaitu Pengabdian Pada Masyarakat pada usaha UMKM yang bersinergi dengan pelaku usaha Mikro “UMKM Indy”. Kegiatan bertempat di Ranotana Weru Kecamatan Wanea Kota Manado, Selasa (25/06/2024).

Adapun kegiatan ini untuk memberikan pelatihan bagaimana Usaha UMKM tersebut menentukan harga pokok penjualan produk yang dihasilkan/dibuat oleh UMKM, dan dilanjutkan dengan memberikan pengetahuan bagimana pelaku UMKM membuat laporan usaha dengan menyusun laporan keuangan yang sesuai dengan standar yaitu Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Menengah (SAK EMKM).

Selaku pelaku mikro UMKM Indy yang juga pemilik Ibu Santje Pontoh mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi UMKM khususnya para pelaku usaha seperti UMKM Indy.

“Dimana karna ketidak tahuan dalam menentukan harga jual untuk produk yang mereka hasilkan tersebut, maka selama ini dalam menentukan harga jual produk khususnya ikan roa kalengan hanya berdasarkan harga pasar atau berapa harga yang berlaku saat itu,” ujarnya.
Begitu juga dalam menyusun laporan keuangan usaha penjualan Ikan Roa kaleng.

“Kami mengalami kesulitan.”Tutur Ibu santje. Untuk itu dengan adanya kegiatan ini kami merasa sangat terbantukan”. sehingga kegiatan ini memberikan sinergi positif baik bagi Politenik Negeri Manado dan Pelaku Usaha UMKM selaku Masyarakat pemakai Ilmu bidang akuntansi yang diberikan oleh dosen kompeten dibidang akuntansi biaya dan akuntansi keuangan, dimana Politeknik Negeri Manado melalui jurusan akuntansi mendapatkan pengetahuan dari pelaku usaha UMKM Indy sebagai praktisi usaha UMKM,” katanya.

Lebih lanjut kata Ibu Santje Pontoh menyampaikan bahwa kegiatan ini melibatkan beberapa narasumber yang merupakan dosen yang berkompeten dalam bidang akuntansi keuangan dan biaya yaitu Anita L.V Wauran, Lusye C. Kumaat, Treesje C. Langi dan Revleen Kaparang, kegiatan ini dimulai dengan survey terlebih dahulu.

“Kegiatan ini untuk mengetahui permasalahan pelaku usaha mikro UMKM Indy sehingga akan memberikan solusi dengan langsung memberikan pelatihan dengan  menggunakan data keuangan dari UMKM Indy,” terangnya.

Salah satu narasumber berkompeten dalam bidang akuntansi keuangan dan biaya yaitu Anita L.V Wauran dalam pemaparannya, ia mengatakan kegiatan ini tidak hanya berhenti disini saja.

“Ini akan berkelanjutan dengan tetap melakukan evaluasi pada UMKM Indy, dalam menentukan Harga Pokok Penjualan Produk Ikan Roa Kalengan dan produk lainnya yang dihasilkan serta dalam Menyusun laporan keuangannya,” jelas Anita.

Diketahui UMKM Indy merupakan mitra DUDI dari Politeknik Negeri Manado. (*/FT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.