Print This Post Print This Post
Home / Berita Utama / Buka Uji Kompetensi Pejabat Pemkot, Wawali Sualang: Kami Mencari Pejabat Yang Mampu Menjalankan Game Plan Pemkot Manado

Buka Uji Kompetensi Pejabat Pemkot, Wawali Sualang: Kami Mencari Pejabat Yang Mampu Menjalankan Game Plan Pemkot Manado

 

Wawali Manado Richard Sualang membuka uji kompetensi pejabat Pemkot Manado di Ruang Paripurna DPRD Kota Manado, Rabu (12/10/2021).

 

Manado, Swarakawanua.com – Wakil Walikota Manado Richard Sualang membuka Uji Kompetensi bagi Pejabat Tinggi Pratama dan Pejabat Administrator Pemerintah Kota Manado di Ruang Sidang DPRD Kota Manado, Rabu (12/10/2021).

Dalam sambutannya Wawali mengatakan, uji kompetensi ini dilakukan untuk adalah kesempatan utnuk meningkatkan kapabilitas sekaligus menciptakan pejabat yang berkompeten. Dengan kapabilitas diri yang baik, maka Aparatur Sipil Negara akan diberikan tanggungjawab yang lebih besar untuk tugas melayani rakyat, membangun negeri dannuntuk membangun Manado Maju dan Sejahtera.

Uji Kompetensi ini pula memiliki tujuan untuk memetakan potensi dan kompetensi ASN agar penempatan dalam jabatan akan ditempatkan sesuai potensi dan kompetendi para ASN.

“Pak Walikota Andrei Angouw dan saya mencari pejabat yang berkompeten, loyal dan yang terpenting mampu menjalankan Game Plan dari kami sebagai Walikota dan Wakil Walikota Manado,” ujar Sualang.

Untuk itu, lanjut Walikota uji kompetensi atau asesmen dilakukan untuk memilah dan menentukan pejabat yang memenuhi syarat untuk mengisi jabatan eselon II dan eselon III dan pejabat yang masih butuh pengembangan atau dengan kata lain pejabat yang memenuhi syarat namun masih butuh pengembangan dan perbaikan serta pejabat yang tidak memenuhi syarat atau tidak berkompeten untuk jabatan administrator dan pejabat tinggi pratama.

“Ikuti uji kompetensi ini dengan sebaik-baiknya buktikan bahwa anda memiliki kompetensi yang dibutuhkan mengisi jabatan yang ada, berjuang untuk menjadi yang terbaik dalam kegiatan ini, karena kemajuan merupakan proses dari uji kompetensi,” tutur Sualang.

“Diharapkan bagi yang memenuhi syarat untuk terus menempah diri agar lebih matang secara pengetahuan dan kepribadian ibarat padi semakin berisi semakin menunduk dan bagi yang belum memenuhi syarat untuk terus memperbaiki dan mengembangkan diri atas bisa dipercayakan untuk mengisi tanggungjawab yang lebih besar sebagai pejabat,” kata Ketua DPC PDIP Kota Manado ini.

Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian dan Pelatihan Sumber Daya Manusia Kota Manado Donald Supit mengatakan, uji kompetensi ini dilaksanakan berdasarkan Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negera Republik Indonesia Nomor 23 tahun 2011 tentang Pedoman Penilaian Kompetensi Pegawai Negeri Sipil dan Peraturan BKN Nomor 26 tahun 2019 tentang Pembinaan Penyelenggaran Kompetensi Aparatur Sipil Negara.

“Uji kompetensi ini diikuti oleh 460 ASN yang terdiri dari pejabat tinggi Pratama, pejabat administrator, pejabat pengawas khusus lurah dan pejabat fungsional yang ditugaskan sebagai kepala puskesmas. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari terhitung mulai hari ini,” ujar Supit.(mey)

About Angky Kota

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *