Bupati Bolmut Sambut Antusias Pembangunan Pabrik Gula PT KCB dan Koperasi Raewaya

oleh -345 Dilihat

Screenshot_20191102-154805~2

 

BOLMUT, Swarakawanua—Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) mendukung penuh upaya Pemprov Sulut yang memilih daerah ini sebagai salah satu sentra pengembangan tanaman Tebu dan Jagung serta rencana pembangunan pabrik gula. “Atas nama pemerintah dan masyarakat Bolmut saya menyatakan apresiasi atas perhatian Gubernur Sulut bersama wakil Gubernur dengan mengandeng PT Kenos Cahaya Bangsa (KCB) dan Koperasi Raewaya dalam implementasi program ini,” ujar Bupati Bolmut Drs
Drs H Depri Pontoh Bupati kepada media ini dalam rangkaian kegiatan sosialisasi penanaman tebu dan pembangunan pabrik gula serta penanaman Jagung perdana di wilayah Kecamatan Kaidipang, Bolmut.
Menurut Bupati Depri dalam sambutannya antara lain menegaskan bahwa program tanam jagung ini adalah penjabaran visi – misi dari OD – SK guna menjadikan Sulut Hebat dan yang sinergis dengan Program Kabupaten Bolmut ‘Bupati Juara’.
“Program ini merupakan bukti nyata kepedulian bahwa Gubernur Olly Dondokambey dalam memberikan perhatian rakyat dengan membangun secara besar- besaran sarana Prasarana, Kesehatan, Pendidikan juga Ekonomi Menengah Kecil, termasuk program yang dilaksanakan saat ini,” kata Depri.
Dia menambahkan, bahwa Pemerintah Kabupaten Bolmut sangat mendukung komitmen dan Keseriusan PT KCB dan Koperasi Raewaya untuk membangun pabrik Gula, penanaman tebu dan jagung.
“Melalui Progran OD – SK yang dilaksanakan oleh PT KCB dan Koperasi diyakini akan berhasil sejahterakan masyarakat dan mendukung pembangunan Kabupaten Bolmut,” tandas Depri.
Sementara itu, Joune Ganda SE selaku penggagas keberadaan proyek budidaya tebu dan jagung serta pembangunan pabrik gula ini mengatakan, keberadaan penanaman tebu dan jagung di atas lahan seluas 2000 hektar itu telah dimulai proses penanaman perdana jagung. “Proyek berbasis ekonomi kerakyatan ini merupakan upaya Pemprov Sulut guna meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat di Bolmut secara luas,” tandas owner Raewaya Group itu sambil mengapresiasi dukungan pemerintah Kabupaten Bolmut atas program ini.
Joune menegaskan, Koperasi Raewaya Group akan membantu mempermudah upaya para petani menanam jagung, dengan menyediakan bahan bibit, pupuk, biaya tanam dan sekaligus membeli seluruh hasil jagung dgn harga pasar. “Gagasan ini merupakan dukungan kami terhadap program OD-SK dalam upaya meningkatkan hasil tanaman jagung dan tebu serta proses industrialisasi dengan pembangunan pabrik gula di daerah ini,” tandas Wakil Ketua Bidang Ekonomi DPD PDI Perjuangan Sulut itu sambil menambahkan proses pendampingan kepada warga ini dari proses penyediaan lahan, penanaman hingga solusi pemasaran hasil panen jagung dan tebu.
Dalam kegiatan sosialisasi tersebut pihak Koperasi Raewaya Group memberikan bantuan secara simbolis kepada 5 orang petani yang diserahkan langsung oleh Bupati Bolmut Drs H Depri Pontoh, Wakil Bupati Bolmut Drs Amin Lasena serta Sekda Dr Drs Asripan Nani MSi, Kepala DLHK serta pihak Koperasi Raewaya Group.(ril/gyp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.