Bupati Dan Wakil Bupati Minahasa Imbau Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrem

oleh -659 Dilihat

MINAHASA, swarakawanua.com – Mengantisipasi cuaca ekstrem yang bisa saja melanda Kabupaten Minahasa yang diakibatkan oleh bibit Siklon Tropis 94W maka, Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring, M.Si Dan Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey, S.Si mengimbau kapada seluruh Warga Minahasa agar waspada.

Bupati mengatakan, Terjadinya cuaca ekstrem, berpotensi diakibatkan Bibit Siklon Tropis 94W di Samdra Pasifik dari Timur Laut Papua yang berpotensi menguat menjadi siklon tropis yang bisa mempengaruhi wilayah bagian Utara Indonesia, Khususnya Daerah Timur, Provinsi Sulawesi Utara, Kabupaten Minahasa.

” Bibit Bibit Siklon Tropis 94W berpotensi menimbulkan hujan lebat, disertai angin kencang dibulan April dan bulan Mei adalah masa peralihan (Pancaroba) untuk itu kami mengimbau kepada masyarakat agar, tetap berdoa memohon kasih dan perlindungan Tuhan Yang Maha Kuasa agar terhindar dari bencana,” ungkap Bupati

Bupati juga meminta agar masyarakat dapat meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi cauca ekstrem yang melanda Kabupaten Minahasa yang bisa berpotensi mengakibatkan terjadinya agin puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, serta dampak yang dapat ditimbulkannya seperti, banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.

“ Kami menghimbau juga kepada masyarakat yang bermukim di wilayah perbukitan dan dataran rendah yang berpotensi banjir agar tetap waspada dan mencari tempat lebih aman untuk sementara waktu, bila perlu. juga kepada masyarakat nelayan yang berada di pesisir pantai agar waspada terhadap terjadinnya gelombang tinggi dan menunggu cuaca kondusif untuk melakukan aktivitas di laut,” ujar Bupati

Informasi tersebut disampaikan pemerintah Kabupaten Minahasa, berdasarkan surat edaran Badan Nasional Penangulangan Bencana (BNPB) Bidang Pencegahan, nomor B-27/BNPB/D II/PK.03.02/O4/2021. yang di tandatangani Deputi Bidang Pencegahan, Lilik Kurniawan. (erwin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.